HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN DENGAN PERSEPSI PEMILIHAN KONTRASEPSI INTRA UTERI DEVISE (IUD) PADA AKSEPTOR KB IUD DI UPT. PUSKESMAS KARANGPANDAN

Penulis

  • Lilis Purwati Universitas Kusuma Husada Surakarta ##default.groups.name.author##
  • Wijayanti Universitas Kusuma Husada ##default.groups.name.author##
  • Tresia Umarianti Universitas Kusuma Husada ##default.groups.name.author##

DOI:

https://doi.org/10.35328/kebidanan.v13i2.2686

Kata Kunci:

Kata kunci : Pendidikan, Persepsi, IUD

Abstrak

Pendidikan akan mempengaruhi sikap seseorang dalam pengambilan keputusan karena semakin tinggi tingkat pendidikan akan semakin rasional dalam pengambilan keputusan, hal ini juga akan berlaku dalam pengambilan keputusan untuk memilih metode kontrasepsi yang sesuai, tepat dan efektif. Sehingga dengan adanya pendidikan diharapkan mampu untuk meningkatkan persepsi serta perilaku seseorang akan pola hidup terutama dalam memotivasi dalam menggunakan alat kontrasepsi untuk membantu berperan serta dalam mewujudkan gerakan keluarga berencana.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah akseptor KB IUD sebanyak 1.657 akseptor. Teknik sampling yang akan digunakan adalah teknik Porpusive Sampling. Jumlah sampel adalah 10% dari 1.657 akseptor yaitu 170 akseptor. Instrumen yang digunakan yaitu Kuisioner tentang persepsi pemilihan jenis kontrasepsi IUD.

Hasil uji statistic Chi Square mendapatkan nilai Asymp. Sig. (2-sided) 0,000 < 0,05, artinya Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga terdapat hubungan tingkat pendidikan dengan persepsi pemilihan kontrasepsi IUD pada akseptor KB IUD di UPT Puskesmas Karangpandan.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Biografi Penulis

  • Lilis Purwati, Universitas Kusuma Husada Surakarta

    Nama : Lilis Purwati

    Tempat Tanggal Lahir : 12 April 1974

    Alamat : Popongan RT 02 RW 01 Desa Gerdu Karangpandan

Referensi

Ahdar, S. 2021. Ilmu Pendidikan. Sulawesi Selatan:IAIN Parepare Nusantara Press.

Alizamar, Nasbahry Couto. 2016. Psikologi Persepsi dan Desain Informasi. Yogyakarta:Media Akademi

Arikunto, S. (2020) Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. 18th edn. Jakarta: Rineka Cipta.

Asnori. 2020. Psikologi Pendidikan Pendekatan Multidisipliner (Fajar T. Septiono (Ed.); 1 st Ed.). CV. Pena Persada.

BKKBN. 2021. Pedoman Pelayanan Kontrasepsi dan Keluarga Berencana. Jakarta:Kementrian Kesehatan RI

BKKBN. 2015. Pedoman Pelayanan Kontrasepsi dan Keluarga Berencana. Jakarta:Kementrian Kesehatan RI

BKKBN. 2013. Pedoman Pelayanan Kontrasepsi dan Keluarga Berencana. Jakarta:Kementrian Kesehatan RI

Bombing, Y, C. (2019). Hubungan Nilai Budaya Dan Persepsi Akseptor Dengan Minat Dalam Pemilihan Alat Kontrasepsi IUD Di Puskesmas Ambarawa Kabupaten Semarang. 1-13.

Dalimawaty dan Julina Br Sembiring. 2020. Faktor yang Mempengaruhi Minat Ibu Menggunakan KB IUD di Puskesmas Binjai Estate, Jurnal Ilmiah Kebidanan Indonesia, Vol.10. No.3, September 2020.

Diana, S. 2017. Model Asuhan Kebidanan Contiunity of Care. Surakarta:CV Kekata Group

Gunawan, Surya. 2010. Mau Anak Laki-laki atau Perempuan Bisa diatur. Jakarta : Argomedia Pustaka

Hartanto, H.2004. KB dan Kontrasepsi.Pustaka Sinar Harapan. Jakarta

Hikmawati, Fenti. 2017. Metodologi Penelitian. Depok:Rajawali Press

Maula, Aminatul. 2014. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemilihan Kontrasepsi Pada Akseptor KB Wanita Di Tuwel.

Mosher,W.D.,Moreau, C.,& Lantos, H. (2016). Trends and determinants of IUD use in the USA, 2002–2012. Human Reproduction, 31(8), 1696–1702. https://doi.org/10.1093/ humrep/dew117

Mukaffan. 2022. Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Kepemimpinan Pendidikan Islam. Lumajang:Klik Media

Natalia, Mega Silvian. 2019. Hubungan Tingkat Pendidikan PUS dengan Pemilihan Alat Kontrasepsi di Desa Karangbong. Probolinggo, 2014

Notoatmodjo. (2015). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka cipta.

. (2017). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta.

Oktarani, Rani. 2022. Hubungan Pendidikan dan Pengetahuan Ibu Terhadap Pemilihan Kontrasepsi IUD (Intra Uterin Device) Jurnal STIKES Al-Ma’arif Baturaja Vol.7 No. 1, April 2022. Sulawesi Tenggara 2022

Purnia, Dini Silvi, dkk. 2022. Metodologi Penelitian. Banyumas:CV. Pena Persada

Rahmat Hidayat dan Abdullah. 2019. Ilmu Pendidikan “Konsep, Teori dan Aplikasinya”. Medan:Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI)

Rohaeni E, Iis. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penyebab Rendahnya Penggunaan Alat Kontrasepsi Dalam Rahim (AKDR). J Ilm Indones.2020;5(12):1549sd65

Rohmah HNF, Sari WW. Minat Pasangan Usia Subur Memakai Alat Kontrasepsi Dalam Rahim. Inst Med DrgSuherman. 2019;3(2):47–51. https://ejurnal.stikesmhk.ac.id/

Sahir, Syafrida Hafni. 2022. Metodologi Penelitian. Yogyakarta:Penerbit KBM Indonesia.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Surahman, dkk. 2016. Metodelogi Penelitian. Jakarta:Kemenkes RI.

Utami, Fitriana Putri, dkk. 2018. Buku Ajar Keluarga Berencana dan Kontrasepsi. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group.

Veronica SY, Safitri R, Rohani S.(2019). Faktor - Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemakaian KB IUD Pada Wanita Usia Subur. Wellness Heal Mag . 2019;1(2):22330.

Diterbitkan

2024-10-30

Cara Mengutip

HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN DENGAN PERSEPSI PEMILIHAN KONTRASEPSI INTRA UTERI DEVISE (IUD) PADA AKSEPTOR KB IUD DI UPT. PUSKESMAS KARANGPANDAN. (2024). Jurnal Ilmu Kebidanan, 13(2), 105-110. https://doi.org/10.35328/kebidanan.v13i2.2686