HUBUNGAN BULLYING TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI REMAJA KELAS VII DI MTS NEGERI 2 KEBUMEN

Penulis

  • Wulan Rahmadhani Kebidanan Program Sarjana, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Gombong
  • Eni Indrayani Kebidanan Program Diploma, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Gombong
  • Ois Novitarini Kebidanan Program Diploma, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Gombong

DOI:

https://doi.org/10.35328/kebidanan.v12i1.2361

Kata Kunci:

bullying, self-confidence, teens

Abstrak

Latar belakang: Fenomena bullying menjadi risiko tak terbatas dari waktu ke waktu. Di Indonesia angka dari kasus korban bullying selalu mengalami peningkatan yang cukup  singnifikan, bahkan angka tersebut enggan mengalami penurunan. Hasil penelitian yang dilakukan di lima negara Asia oleh  (International Center for Research on Women (ICRW) (2015)), menyebutkan bahwa Indonesia menduduki tingkat pertama dalam kejadian bullying di sekolah dengan presentase 83%. Akibat dari perilaku agresif bully ini menghalangi anak untuk mengungkapkan  perasaannya, karena bullying tidak menenangkan korban, membuat korban merasa stres, yang menyebabkannya kurang percaya diri, malu, sulit fokus dan cemas, sehingga tidak dapat berbaur dengan lingkungan sekitar

Tujuan : Untuk mengetahui hubungan bullying terhadap kepercayaan diri remaja kelas VII di MTS Negeri 2 Kebumen

Metode: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Besar sampel dalam penelitian ini sebanyak 224 responden dengan menggunakan teknik total sampling. Dalam menganalisis data secara bivariat, pengujian data dilakukan dengan menggunakan uji Chi-square dengan taraf signifikan 95%, dikatakan signifikan jika nilai p-value <0.05

Hasil:. Hasil Uji Chi-Square diperoleh nilai p-value sebesar 0,012 <0,05.

Kesimpulan : terdapat hubungan bullying terhadap kepercayaan diri remaja kelas VII di MTS Negeri 2 Kebumen.

Referensi

Adam, D.F., dkk. (2015). Genderconformity, Self Objectification, And Body Image For Sorority And Non Sorority Women: a closer look. Journal of American College Health..doi : 10.1080/07448481.2016.1264406

Adhiatma, W., & Christianto, L. P. (2019). Suara Psikologi: Untuk Insan Indonesia. Jakarta : Unika Atma Jaya.

Agus Riyanto. (2017). Aplikasi Metodologi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta : Nuha Medika

Ajeng Septiani. (2017). ”Bullying dalam film Uahan Geojitmal : Kajian Sosiologi Sastra”. Skripsi. Yogyakarta (ID): Universitas Gadjah Mada

Ali, & Asrori. (2017). Psikologi remaja dan perkembangan peserta didik. Jakarta : Bumi Aksara

Al-Raqqad, H. K., Al-Bourini, E. S., Al Talahin, F. M., & Aranki, R. M. E. (2017). The Impact of School Bullying On Students’ Academic Achievement from Teachers Point of View. International Education Studies, 10(6). https://doi.org/10.5539/ies.v10n6p44

Anggraeni, D. . & S. (2013). Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif dalam Bidang Kesehatan. Yogyakarta : Nuha Medika.

Ariyanto. (2018). Citra Diri Ditinjau Dari Intensitas Penggunaan Media Jejaring Sosial Instagram Pada Siswa Jurnal Psikologi Udayana e-ISSN 2654 4024, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Vol.6 No.1 Hal 67-75.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.

Arthur, S. R. & Emily S. R. (2016). Kamus Psikologi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Azmi, I. U., & Thamrin, M. (2021). Studi Komparasi Kepercayaan Diri ( Self Confidance ) Siswa yang Mengalami Verbal Bullying dan Yang Tidak Mengalami Verbal Bullying di Sekolah. Jurnal Basic Edu, 5(5), 3551–3559. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1389

Brown, Gillian and George Yule. (2019). fmarcum. Cambridge: Cambridge University Press

Busyra, N. Z., & Pulungan, W. (2018). Penerapan Konseling Direktif untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri pada Korban Bullying di SDN Kenari Jakarta. Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(2), 100–109. https://journal.paramadina.ac.id/index.php/inquiry/article/view/217

Cahyono. (2019). Faktor Faktor Kesulitan Belajar Siswa. Jurnal dimensi pendidikan, 1(1). http://dx.doi.org/10.24269/dpp.v7i1.1636

Chan, F., Kurniawan, A. R., Kalila, S., Amalia, F., Apriliani, D., & Herdana, S. V. (2020). The Impact of Bullying on the Confidence of Elementary School student. Jurnal Pendas Mahakam, 4(2), 152–157. https://journals.usm.ac.id/index.php/tematik/article/view/4568

Cintya, N. K., & Supriyadi. (2020). Peran Kepercayaan Diri dan Dukungan Sosial terhadap Kecemasan Komunikasi pada Orang Tuli di Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 2, 49– 59. https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/view/63505

Coloroso, B. (2016). The Bully, The Bullied, and The Bystander. New York: HarperCollins. https://www.harpercollins.com/products/the-bully-the-bullied-and-the-bystander-barbara-coloroso?variant=32129335230498

Diananda. (2018). Psikologi remaja dan permasalahannya. Jurnal Pendidikan dan pemikiran Islam , 2(1). https://e-journal.stit-islamic-village.ac.id/istighna/article/view/20

Gunarsa dan Gunarsa, (2015). Psikologi Remaja. Jakarta. Penerbit Libri.

Febrizal. Antama. (2020). Faktor Penyebab Cyberbullying yang Dilakukan oleh Remaja di Kota Yogyakarta. Jurnal Penegakan hukum dan Keadilan , 1(2).https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&ved=2ahUKEwi82_X1nLr4AhUz2TgGHTI-BUwQFnoECAoQAQ&url=https%3A%2F%2Fjournal.umy.ac.id%2Findex.php%2Fjphk%2Farticle%2Fdownload%2F9256%2F5807&usg=AOvVaw3V3hTKTOXIutlFC9vfPe6c

Georgiou, S. N., & Stavrinides, P. (2013). Parenting at home and bullying at school. Journal Social Psychology of Education, 16(2), 165–179. https://psycnet.apa.org/doi/10.1007/s11218-012-9209-z

Harahap, J. Y. (2019). Kepercayaan Diri Dalam Belajar Pada Mahasiswa Yang Sudah Dan Yang Belum Bekerja. Journal Of Chemical Information And Modeling, 4(November), 103–110. https://akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/826

Hidayat, A.A.. (2014). Metode penelitian keperawatan dan teknis analisis data. Jakarta : Salemba Medika

Huraniyah, F. (2017). Peran Agama dalam Membina Mental Remaja. Al-Tatwir, 4(1), 83–102. http://ejournal.iainjember.ac.id/index.php/altatwir/article/view/818

Jannah. (2016). Remaja dan tugas tugas perkembangan dalam Islam. Jurnal Psikoislamedia, 1(2). https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Psikoislam/article/view/1493

Karina S. M. & Suryanto. (2018). Pengaruh Keterbukaan Diri Terhadap Penerimaan Sosial pada Anggota Komunitas Backpacker Indonesia Regional Surabaya dengan Kepercayaan Terhadap Dunia Maya Sebagai Intervening Variabel. Jurnal Psikologi Kepribadian dan Sosial. Surabaya: Fakultas Psikologi Universitas Airlangg. Vol. 1 No. 02

Kohlberg dan Piaget. (2017), Culture & Society Journal Of Anthropological Research Vol.1 No.1

Komara, I. B. (2016).Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar dan Perencanaan Karir Siswa. PSIKOPEDAGOGIA. Vol.5 No.1. 33-41

Kristiawan, (2016), Gadjah Mada Journal Of Psychology Vol.2 No.3 ISSN: 24077798:172-183. Hubungan Antara Harga Diri dan Body Image dengan Online Self-Presentation Pada Pengguna Instagram, Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.

Lingga. (2016). Fenomena Penggunaan Mediaa Sosial Instagram Sebagai Komunikasi Pembelajaran Agama Islam Oleh Mahasiswi Fisip Universitas Riau, Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Riau

Laura. 2017. The Science Of Psychology. New York: MCGraw-Hill Education

Lubis, D. P. U. (2013). Peran teman sebaya dan paparan media pornografi terhadap perilaku seksual remaja di sekolah tinggi ilmu 47 kesehatan Yogyakarta. Jurnal Kesehatan”samodra ilmu” Vol. 08 No. 01 Januari 2017

Marcum, Catherine D dkk. (2017). Sexting Behaviors among Adolescents in Rural North Carolina: A Theoretical Examination of Low Self-Control and Deviant 73 Peer Association. International Journal of Cyber Criminology (IJCC) ISSN: 0974 – 2891. Vol 8 (2):

Monks, A. K. (2014). Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Gajah Mada University

Notoatmodjo,S. (2012). Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Novilia (2021). Hubungan Faktor Kepercayaan Diri dengan Perilaku Bullying pada Remaja di SMP Negeri 5 Samarinda. Journal Of Anthropological Research Vol.1 No.1

Nur, R. O. (2021). Hubungan Dukungan Keluarga dengan Perilaku Bullying pada Remaja di SMP Negeri 5 Samarinda. Borneo Student Research, 2(2), 968– 974. https://journals.umkt.ac.id/index.php/bsr/article/view/1581

Nurdin, N. (2019). Generasi Emas Santri Zaman Now. Bandung : PT. Elex Media Komputindo.

Nursalam. (2013). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis. Jakarta: Salemba Medika.

Olweus. (2015). Cyber Bullying : An Ovarrated Phenomenon. European Journal of Developmenttal Psycology. https://www.taylorfrancis.com/chapters/edit/10.4324/9781315524696-22/cyber-bullying-critical-overview-dan-olweus

Prasetyo, A. B. (2016). Bullying Di Sekolah dan Dampaknya Bagi Masa Depan Anak. 1(4).

Purwanto. (2016). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rabbani. (2018). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ramadhani, T. N., & Putrianti, F. G. (2014). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Remaja. Jurnal Psikologi Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, 4, 22–32. https://doi.org/10.30738/spirits.v4i2.1117

Rayani, D., & Raharja, J. T. (2017). Hubungan Perilaku Bullying Di Media Sosial Dengan Sikap Percaya Diri Siswa Kelas X Di SMK N 4 Mataram. Journal Realita, 2(2), 345–349. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/realita/article/view/757

Remaja & Kundre, R. (2018). Hubungan Bullying Dengan Kepercayaan Diri Pada Remaja Di Smp Negeri 10 Manado. Jurnal Keperawatan, 6(1), 1–6. https://journals.usm.ac.id/index.php/tematik/article/view/4568

Rizal, S. (2013). Hubungan Antara Bullying dengan Kepercayaan Diri Siswa MAN Tlogo Bitar, Skripsi. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Diambil dari http://etheses.uinmalang.ac.id/1741/1/09410073_Pendahuluan.pdf. Diakses tanggal 15 April 2017

Saputra, W. N. E., & Prasetiawan, H. (2018). Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Teknik Cognitive Defusion. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 14–21. https://doi.org/10.17977/um001v3i12018p014

Santrock, J. W. (2017). Adolesence Perkembangan Remaja. (A. B. Sragih, Ed.) Jakarta: Erlangga.

Sejiwa. (2018). Bullying: Mengatasi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan Sekitar Anak. Jakarta: Grasindo.

Sari, S. K. (2020). Pengaruh Perilaku Bullying Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Kelas VII Mts Esa Nusa Islamic School Binong - Tangerang. Jurnal Mediakarya Mahasiswa Pendidikan Islam, 01(02). http://dx.doi.org/10.33853/jm2pi.v1i2.120

Diterbitkan

2023-05-11

Cara Mengutip

HUBUNGAN BULLYING TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI REMAJA KELAS VII DI MTS NEGERI 2 KEBUMEN. (2023). Jurnal Ilmu Kebidanan, 12(1), 83-90. https://doi.org/10.35328/kebidanan.v12i1.2361