HUBUNGAN BULLYING TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI REMAJA KELAS VII DI MTS NEGERI 2 KEBUMEN
DOI:
https://doi.org/10.35328/kebidanan.v12i1.2361Kata Kunci:
bullying, self-confidence, teensAbstrak
Latar belakang: Fenomena bullying menjadi risiko tak terbatas dari waktu ke waktu. Di Indonesia angka dari kasus korban bullying selalu mengalami peningkatan yang cukup singnifikan, bahkan angka tersebut enggan mengalami penurunan. Hasil penelitian yang dilakukan di lima negara Asia oleh (International Center for Research on Women (ICRW) (2015)), menyebutkan bahwa Indonesia menduduki tingkat pertama dalam kejadian bullying di sekolah dengan presentase 83%. Akibat dari perilaku agresif bully ini menghalangi anak untuk mengungkapkan perasaannya, karena bullying tidak menenangkan korban, membuat korban merasa stres, yang menyebabkannya kurang percaya diri, malu, sulit fokus dan cemas, sehingga tidak dapat berbaur dengan lingkungan sekitar
Tujuan : Untuk mengetahui hubungan bullying terhadap kepercayaan diri remaja kelas VII di MTS Negeri 2 Kebumen
Metode: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Besar sampel dalam penelitian ini sebanyak 224 responden dengan menggunakan teknik total sampling. Dalam menganalisis data secara bivariat, pengujian data dilakukan dengan menggunakan uji Chi-square dengan taraf signifikan 95%, dikatakan signifikan jika nilai p-value <0.05
Hasil:. Hasil Uji Chi-Square diperoleh nilai p-value sebesar 0,012 <0,05.
Kesimpulan : terdapat hubungan bullying terhadap kepercayaan diri remaja kelas VII di MTS Negeri 2 Kebumen.
Unduhan
Referensi
Adam, D.F., dkk. (2015). Genderconformity, Self Objectification, And Body Image For Sorority And Non Sorority Women: a closer look. Journal of American College Health..doi : 10.1080/07448481.2016.1264406
Adhiatma, W., & Christianto, L. P. (2019). Suara Psikologi: Untuk Insan Indonesia. Jakarta : Unika Atma Jaya.
Agus Riyanto. (2017). Aplikasi Metodologi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta : Nuha Medika
Ajeng Septiani. (2017). ”Bullying dalam film Uahan Geojitmal : Kajian Sosiologi Sastra”. Skripsi. Yogyakarta (ID): Universitas Gadjah Mada
Ali, & Asrori. (2017). Psikologi remaja dan perkembangan peserta didik. Jakarta : Bumi Aksara
Al-Raqqad, H. K., Al-Bourini, E. S., Al Talahin, F. M., & Aranki, R. M. E. (2017). The Impact of School Bullying On Students’ Academic Achievement from Teachers Point of View. International Education Studies, 10(6). https://doi.org/10.5539/ies.v10n6p44
Anggraeni, D. . & S. (2013). Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif dalam Bidang Kesehatan. Yogyakarta : Nuha Medika.
Ariyanto. (2018). Citra Diri Ditinjau Dari Intensitas Penggunaan Media Jejaring Sosial Instagram Pada Siswa Jurnal Psikologi Udayana e-ISSN 2654 4024, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Vol.6 No.1 Hal 67-75.
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.
Arthur, S. R. & Emily S. R. (2016). Kamus Psikologi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Azmi, I. U., & Thamrin, M. (2021). Studi Komparasi Kepercayaan Diri ( Self Confidance ) Siswa yang Mengalami Verbal Bullying dan Yang Tidak Mengalami Verbal Bullying di Sekolah. Jurnal Basic Edu, 5(5), 3551–3559. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1389
Brown, Gillian and George Yule. (2019). fmarcum. Cambridge: Cambridge University Press
Busyra, N. Z., & Pulungan, W. (2018). Penerapan Konseling Direktif untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri pada Korban Bullying di SDN Kenari Jakarta. Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(2), 100–109. https://journal.paramadina.ac.id/index.php/inquiry/article/view/217
Cahyono. (2019). Faktor Faktor Kesulitan Belajar Siswa. Jurnal dimensi pendidikan, 1(1). http://dx.doi.org/10.24269/dpp.v7i1.1636
Chan, F., Kurniawan, A. R., Kalila, S., Amalia, F., Apriliani, D., & Herdana, S. V. (2020). The Impact of Bullying on the Confidence of Elementary School student. Jurnal Pendas Mahakam, 4(2), 152–157. https://journals.usm.ac.id/index.php/tematik/article/view/4568
Cintya, N. K., & Supriyadi. (2020). Peran Kepercayaan Diri dan Dukungan Sosial terhadap Kecemasan Komunikasi pada Orang Tuli di Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 2, 49– 59. https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/view/63505
Coloroso, B. (2016). The Bully, The Bullied, and The Bystander. New York: HarperCollins. https://www.harpercollins.com/products/the-bully-the-bullied-and-the-bystander-barbara-coloroso?variant=32129335230498
Diananda. (2018). Psikologi remaja dan permasalahannya. Jurnal Pendidikan dan pemikiran Islam , 2(1). https://e-journal.stit-islamic-village.ac.id/istighna/article/view/20
Gunarsa dan Gunarsa, (2015). Psikologi Remaja. Jakarta. Penerbit Libri.
Febrizal. Antama. (2020). Faktor Penyebab Cyberbullying yang Dilakukan oleh Remaja di Kota Yogyakarta. Jurnal Penegakan hukum dan Keadilan , 1(2).https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&ved=2ahUKEwi82_X1nLr4AhUz2TgGHTI-BUwQFnoECAoQAQ&url=https%3A%2F%2Fjournal.umy.ac.id%2Findex.php%2Fjphk%2Farticle%2Fdownload%2F9256%2F5807&usg=AOvVaw3V3hTKTOXIutlFC9vfPe6c
Georgiou, S. N., & Stavrinides, P. (2013). Parenting at home and bullying at school. Journal Social Psychology of Education, 16(2), 165–179. https://psycnet.apa.org/doi/10.1007/s11218-012-9209-z
Harahap, J. Y. (2019). Kepercayaan Diri Dalam Belajar Pada Mahasiswa Yang Sudah Dan Yang Belum Bekerja. Journal Of Chemical Information And Modeling, 4(November), 103–110. https://akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/826
Hidayat, A.A.. (2014). Metode penelitian keperawatan dan teknis analisis data. Jakarta : Salemba Medika
Huraniyah, F. (2017). Peran Agama dalam Membina Mental Remaja. Al-Tatwir, 4(1), 83–102. http://ejournal.iainjember.ac.id/index.php/altatwir/article/view/818
Jannah. (2016). Remaja dan tugas tugas perkembangan dalam Islam. Jurnal Psikoislamedia, 1(2). https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Psikoislam/article/view/1493
Karina S. M. & Suryanto. (2018). Pengaruh Keterbukaan Diri Terhadap Penerimaan Sosial pada Anggota Komunitas Backpacker Indonesia Regional Surabaya dengan Kepercayaan Terhadap Dunia Maya Sebagai Intervening Variabel. Jurnal Psikologi Kepribadian dan Sosial. Surabaya: Fakultas Psikologi Universitas Airlangg. Vol. 1 No. 02
Kohlberg dan Piaget. (2017), Culture & Society Journal Of Anthropological Research Vol.1 No.1
Komara, I. B. (2016).Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar dan Perencanaan Karir Siswa. PSIKOPEDAGOGIA. Vol.5 No.1. 33-41
Kristiawan, (2016), Gadjah Mada Journal Of Psychology Vol.2 No.3 ISSN: 24077798:172-183. Hubungan Antara Harga Diri dan Body Image dengan Online Self-Presentation Pada Pengguna Instagram, Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.
Lingga. (2016). Fenomena Penggunaan Mediaa Sosial Instagram Sebagai Komunikasi Pembelajaran Agama Islam Oleh Mahasiswi Fisip Universitas Riau, Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Riau
Laura. 2017. The Science Of Psychology. New York: MCGraw-Hill Education
Lubis, D. P. U. (2013). Peran teman sebaya dan paparan media pornografi terhadap perilaku seksual remaja di sekolah tinggi ilmu 47 kesehatan Yogyakarta. Jurnal Kesehatan”samodra ilmu” Vol. 08 No. 01 Januari 2017
Marcum, Catherine D dkk. (2017). Sexting Behaviors among Adolescents in Rural North Carolina: A Theoretical Examination of Low Self-Control and Deviant 73 Peer Association. International Journal of Cyber Criminology (IJCC) ISSN: 0974 – 2891. Vol 8 (2):
Monks, A. K. (2014). Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Gajah Mada University
Notoatmodjo,S. (2012). Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Novilia (2021). Hubungan Faktor Kepercayaan Diri dengan Perilaku Bullying pada Remaja di SMP Negeri 5 Samarinda. Journal Of Anthropological Research Vol.1 No.1
Nur, R. O. (2021). Hubungan Dukungan Keluarga dengan Perilaku Bullying pada Remaja di SMP Negeri 5 Samarinda. Borneo Student Research, 2(2), 968– 974. https://journals.umkt.ac.id/index.php/bsr/article/view/1581
Nurdin, N. (2019). Generasi Emas Santri Zaman Now. Bandung : PT. Elex Media Komputindo.
Nursalam. (2013). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis. Jakarta: Salemba Medika.
Olweus. (2015). Cyber Bullying : An Ovarrated Phenomenon. European Journal of Developmenttal Psycology. https://www.taylorfrancis.com/chapters/edit/10.4324/9781315524696-22/cyber-bullying-critical-overview-dan-olweus
Prasetyo, A. B. (2016). Bullying Di Sekolah dan Dampaknya Bagi Masa Depan Anak. 1(4).
Purwanto. (2016). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rabbani. (2018). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ramadhani, T. N., & Putrianti, F. G. (2014). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Remaja. Jurnal Psikologi Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, 4, 22–32. https://doi.org/10.30738/spirits.v4i2.1117
Rayani, D., & Raharja, J. T. (2017). Hubungan Perilaku Bullying Di Media Sosial Dengan Sikap Percaya Diri Siswa Kelas X Di SMK N 4 Mataram. Journal Realita, 2(2), 345–349. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/realita/article/view/757
Remaja & Kundre, R. (2018). Hubungan Bullying Dengan Kepercayaan Diri Pada Remaja Di Smp Negeri 10 Manado. Jurnal Keperawatan, 6(1), 1–6. https://journals.usm.ac.id/index.php/tematik/article/view/4568
Rizal, S. (2013). Hubungan Antara Bullying dengan Kepercayaan Diri Siswa MAN Tlogo Bitar, Skripsi. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Diambil dari http://etheses.uinmalang.ac.id/1741/1/09410073_Pendahuluan.pdf. Diakses tanggal 15 April 2017
Saputra, W. N. E., & Prasetiawan, H. (2018). Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Teknik Cognitive Defusion. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 14–21. https://doi.org/10.17977/um001v3i12018p014
Santrock, J. W. (2017). Adolesence Perkembangan Remaja. (A. B. Sragih, Ed.) Jakarta: Erlangga.
Sejiwa. (2018). Bullying: Mengatasi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan Sekitar Anak. Jakarta: Grasindo.
Sari, S. K. (2020). Pengaruh Perilaku Bullying Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Kelas VII Mts Esa Nusa Islamic School Binong - Tangerang. Jurnal Mediakarya Mahasiswa Pendidikan Islam, 01(02). http://dx.doi.org/10.33853/jm2pi.v1i2.120
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Ilmu Kebidanan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.