EFEKTIVITAS HYPNOTERAPHY MENTALITY TERHADAP MOTIVASI KINERJA TENAGA PENDIDIK

Tenaga Pendidik, Motivasi, Hypnotherapy Mentality

Penulis

  • NIA DESRIVA STIKES PMC
  • Mona Dewi Utari STIKes Pekanbaru Medical center

DOI:

https://doi.org/10.35328/kebidanan.v9i1.547

Kata Kunci:

Educators, Motivation, Hypnotherapy Mentality

Abstrak

Pendidik merupakan tenaga profesional yang bertugas merencanakan dan  melaksanakan  proses  pembelajaran,  menilai  hasil  pembelajaran,  melakukan pembimbingan dan pelatihan, serta melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat terutama bagi pendidik pada perguruan tinggi. Pengasahan dan pembangkitan mentalitas dasar para pendidik agar mempunyai karakter positif  sangat  diperlukan  untuk  kemajuan  dan  harmonisasi  dunia  kerja  sehingga  timbulnya motivasi kerja yang baik. Hypnotherapy merupakan teknik intervensi dengan memanfaatkan pemberdayaan melalui alam bawah sadar, memberikan sugesti positif dalam membangun mental yang kuat dan pikiran yang positif sehingga    meningkatkan motivasi kerja. Penelitian ini menggunakan metode Quasi-Eksperiment (Eksperiment Semu)  dengan rancangan Pre and Post Test With Non Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah tenaga pendidik yang berada di instansi atau perguruan tinggi, Sampel penelitian Pengambilan sampel menggunakan tehnik purposive sampling dengan 32 orang  tenaga pendidik, 16 orang untuk kelompok intervensi atau yang diberikan perlakuan dan 16 orang untuk kelompok kontrol yang tidak diberikan perlakuan. Berdasarkan uji pengaruh menggunakan Paired sample T- test pada kelompok eksperimen menunjukkan hasil p = 0,000 < 0,05 dan pada kelompok kontrol p = 0,164 <  0,05. Hal ini menunjukkan adanya efektivitas pelaksanaan hypnoterapy mentality terhadap motivasi kinerja tenaga pendidik STIKes PMC

Referensi

Asih, Diah. (2016). Hubungan Antara Pemilihan makanan, Frekuensi Diet bebas gluten bebas kasein dengan Perilaku hiperaktif anak autis di sekolah autis Semarang.Semarang : jurnal gizi FIK UMS.
Elfiky I (2009) Terapi Berfikir Positif : Zaman
Fourianalistyawati ,dkk (2012) efektifitas Hipnoterapi Klinis Untuk Mengatasi Depresi Pada Pecandu Narkoba Di UPT T&R BNN. Jurnal Online
Hidayat (2009) Ilmu Prilaku Manusia : Pengantar Psikologi untuk Tenaga Kesehatan, Trans Info Media, Jakarta.
Hasbullah,dkk (2015), Pengaruh PenerapanMetode Hypnoteaching Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Universitas Indraprasta PGRI, Jurnal Formatif.5(1):83-90,2015
Irfan, F. 2010. Hypnotherapy for Healthy and Happiness Life Menghipnotis Diri untuk Meraih Kehidupan yang Sehat, Bahagia dan Kesuksesan. Yogyakarta: Pustaka Larasati.
Mardiyansyah,dkk (2011) Keajaiban Berperilaku Positif : Tangga Pustaka
Mahmudi (2005) Manajemen Kinerja Sektor Publik, Yogyakarta: UPP AMP YPKN Merokok Remaja, Jurnal Psikologi Islami, Vol 2, No 2
Notoatmojo, (2010) Metodelogi Penelitian Kesehatan, Jakarta
Aedi Nur, (2016), Manajemen Pendidik dan tenaga Kependidikan ,Yogyakarta : Gosyen Publising
Rohmadani (2017) Metode Future Pacing Hypnotherapy Untuk Menurunkan Tingkat Kecemasan Pada Mahasiswa Baru, Journal Of Health Studies, Vol 1. No 2.
Semiun, Y. (2010). Kesehatan Mental. Yogyakarta: Kanisius.
Sudarno P. (2009)Manajemen Terapi Motivasi : Gramedia Pustaka Utama
Sufianti,dkk (2015) Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kompetensi Profesional Terhadap Kinerja Dosen Di Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung. Jurnal Administras Pendidikan, Vol XXII No.1
Sugiyono (2008) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung. Training. Jakarta : IACH.
Hendriyanto, B; Sriati, A; & Fitria, N. 2013. Pengaruh Hipnoterapi Terhadap Tingkat Stres Mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas
Padjajaran Angkatan 2011. Artikel Penelitian Online

Diterbitkan

2020-02-29

Cara Mengutip

EFEKTIVITAS HYPNOTERAPHY MENTALITY TERHADAP MOTIVASI KINERJA TENAGA PENDIDIK: Tenaga Pendidik, Motivasi, Hypnotherapy Mentality. (2020). Jurnal Ilmu Kebidanan, 9(1), 14-20. https://doi.org/10.35328/kebidanan.v9i1.547