HUBUNGAN SIKAP MAHASISWA DENGAN PROFESI BIDAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PRODI DIII KEBIDANAN SEMESTER II UNIVERSITAS RESPATI YOGYAKARTA

Penulis

  • Komaria Susanti D IV Kebidanan STIKes Al-Insyirah Pekanbaru

DOI:

https://doi.org/10.35328/kebidanan.v9i1.556

Kata Kunci:

Kata kunci : Sikap, Profesi Bidan, Prestasi Belajar

Abstrak

 

ABSTRAK

 

Salah satu tenaga kesehatan yang terlibat langsung terhadap pelayanan kesehatan ibu dan anak adalah bidan. Menurut Raharjo,2009 Jumlah  bidan di Indonesia berkisar antara 230.000-250.000 orang. Hal ini menunjukan jumlah bidan lebih banyak dibandingkan jumlah desa, Sehingga diharapkan lahirnya bidan yang professional dan yang berkompeten. Tujuan Penelitian  ini untuk mengetahui Hubungan  Sikap Mahasiswa terhadap Profesi Bidan dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi DIII Kebidanan Semester II Universitas Respati Yogyakarta. Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan metode deskritif analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah semua mahasiswa D III Kebidanan semester II yang aktif .Teknik sampling yang digunakan adalah proporsional to population size dengan jumlah sampel sebanyak 143 orang. Hasil analisis spearman rank menunjukkan bahwa variabel sikap mahasiswa terhadap profesi bidan berhubungan signifikan dengan prestasi belajar p-value < Level of Significant = 0,05. Kesimpulan penelitian ini ada Hubungan Sikap Mahasiswa Terhadap Profesi Bidan dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi DIII Kebidanan Semester II Universitas Respati Yogyakarta.

 

Kata kunci : Sikap, Profesi Bidan, Prestasi Belajar

 

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Angelina. 2010. Minat dan Motivasi Belajar Mahasiswa terhadap Prestasi Belajar Praktik Mahasiswa di Laboratorium Klinik Keperawatan STIKES Wira Husada Yogyakarta. skripsi. Tidak Dipubliksaikan. STIKES Wira Husada Yogyakarta.

Baharuddin, Wahyuni, 2007, Teori Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta: Ar : Ar-ruz Media Group.
Depkes RI, 2007. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 369/MENKES/SK/ III/2007 tentang Standar Profesi Bidan, Jakarta.

Dimyati dan Mujiono. 2009. Belajar Dan Pembelajaran. (Jakarta: Rineka Cipta)
Fatimah, Meilia Siti, 2009, Hubungan Persepsi terhadap Profesi Bidan dengan Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Diploma III Kebidanan, KTI, Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Ginting C., 2003, Kiat Belajar di Perguruan Tinggi, Jakarta, Grasindo
Hamid, Helmawaty, 2008, Hubungan Minat terhadap Profesi dan Hasil Belajar Praktik Klinik Kebidanan dengan Kinerja Bidan Lulusan Program Diploma III Kebidanan, Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol 10, No1.
Hayati, Rahma Nur, 2007, Pengaruh Pengetahuan, Sikap dan Motivasi terhadap Minat Bidan Mengikuti Uji Kompetensi di Kota Semarang Tahun 2007, Tesis, Undip, Semarang.
Mangkunegara, 2005, Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia, Bandung: Refika Aditama
Notoatmojo, S., 2002, Metodologi Penelitian Kesehatan, Jilid II, Terbitan ke II. Hal 47-145, Jakarta: Rineka Cipta.
Nursalam, E., 2008, Pendidikan dalam Keperawatan, Jakarta: Salemba Medika.
Riduwan, Akdon 2007 Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Alfabeta, Bandung.
Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali
Press.
Sofyan, M., 2005. 50 Tahun IBI Bidan Menyongsong Masa Depan. Jakarta:
Pengurus Pusat IBI.
Sugiyono, 2008, Metode Penelitian Bisnis, Cetakan Ke-11, CV. Alfabeta: Bandung.
Uno, H., 2007, Teori Motivasi dan Pengukurannya, Analisis di Bidang Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.
Wahyuningsih, H. P., 2007. Etika Profesi Dilengkapi Hukum Kesehatan Dalam
Kesehatan. Yogyakarta: Fitramaya.

Diterbitkan

2020-02-29

Cara Mengutip

HUBUNGAN SIKAP MAHASISWA DENGAN PROFESI BIDAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PRODI DIII KEBIDANAN SEMESTER II UNIVERSITAS RESPATI YOGYAKARTA. (2020). Jurnal Ilmu Kebidanan, 9(1), 29-35. https://doi.org/10.35328/kebidanan.v9i1.556