PARENTING DAN PENDIDIKAN SEKSUALITAS ANAK USIA DINI DI ALUMNA ISLAMIC SCHOOL

Penulis

  • Rizki Natia Wiji STIKes Al Insyirah Pekanbaru
  • Silvia Anita Yuningsih STIKes Al Insyirah Pekanbaru
  • Fatma Nadia STIKes Al Insyirah Pekanbaru

DOI:

https://doi.org/10.35328/kebidanan.v9i2.755

Kata Kunci:

pola asuh, pendidikan seksualitas usia dini

Abstrak

Pendidikan seks anak usia dini penting dalam tumbuh kembang anak. Mengingat selama ini pendidikan pada fase ini  seringkali terabaikan atau kurang dimengerti oleh masyarakat.Tujuan dari penelitian ini adalah menambah pengetahuan orang tua sehingga proses parenting tentang pendidikan seks pada anak usia dini dapat terlaksana. Jenis penelitian Kuantitatif menggunakan desain penelitian quasi eksperimental dengan 2 kelompok pre test dan pos test. Penelitian dilakukan di Alumna Islamic School pada bulan September 2019-Maret 2020. Sampel penelitian sebanyak 20 responden dengan 10 orang kelompok control dan 10 orang kelompok eksperimen.Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrument penelitian menggunakan kuesioner. Data diolah dengan komputerisasi. Analisis data menggunakan univariat dan bivariate dengan menggunakan uji statistic Chi-Square. Didapatkan hasil univariat distribusi umur responden kelompok kontrol usia 20-35 tahun (80%), pendidikan DIII dan S1 (40%), pekerjaan PNS (40%), Pendidikan Seksualitas yang Kadang-kadang (50%), sedangkan kelompok eksperimen usia 20-35 tahun (80%), pendidikan S1 (50%), pegawai swasta (30%) dan pola asuh sering (70%). Hasil uji statistik didapatkan  p value < 0,05, yang artinya terdapat selisih nilai rata-rata pola asuh dan pendidikan seksualitas responden pre dan post intervensi pada kelompok eksperimen berbeda nyata dibandingkan dengan kelompok kontrol. Disarankan agar orang tua meningkatkan pengetahuan tentang pendidikan anak usia dini.

Referensi

Amaliyah, S., Nuqul, F. L. and Malang, K. (2017) ‘Eksplorasi Persepsi Ibu tentang Pendidikan Seks untuk Anak’, 4, pp. 157–166. doi: 10.15575/psy.v4i2.1758.

Anggraeni, L. (2017) ‘Faktor-Faktor Yang Berhubungan dengan Tingkat Pengetahuan Orang Tua terhadap Pendidikan Seksual pada Anak Usia Dini di Sekolah Dasar Kartika VIII-5 Jakarta Selatan Tahun 2014’, Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), pp. 23–28. doi: 10.29313/ga.v1i2.3383.

Anhusadar, L. (2014) ‘Perkembangan Otak Anak Usia Dini Perkembangan Otak Anak Usia Dini’, Jurnal Shautut Tarbiyah, 3(May), pp. 98–113.

Davis, L. O. (2019) Pola Asuh Orang Tua terhadap Pendidikan Seksualitas pada Anak Usia Dini di TK An Namirroh 1 PEKANBARU. STIKes Al Insyirah Pekanbaru.

Guno Asmoro (2006) Sex Education for Kids. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Harianti, R. and Mianna, R. (2016) Pendidikan Seks Usia Dini; Teori dan AplikasNo Title. Yogyakarta: Transmedika.

J. Mc. Leod (2006) Pengantar Konseling Teori dan Studi Kasus, ed. Ketiga. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Koes Irianto (2014) Seksologi Kesehatan. Bandung: Alfabeta.

Santrock, J. (2007) Perkembangan Anak, Edisi Kesebelas, Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Seks, P. et al. (2019) ‘No Title’, 7(1).
Supartini, Y. (2014) Buku Ajar Konsep Dasar Keperawatan Anak. Jakarta: EGC.

Diterbitkan

2020-12-31

Cara Mengutip

PARENTING DAN PENDIDIKAN SEKSUALITAS ANAK USIA DINI DI ALUMNA ISLAMIC SCHOOL. (2020). Jurnal Ilmu Kebidanan, 9(2), 77-85. https://doi.org/10.35328/kebidanan.v9i2.755