GAMBARAN PENGETAHUAN IBU TENTANG PEMBELAJARAN SECARA DARING PADA SISWA SEKOLAH DASAR DIMANA PANDEMI COVID -19 Di DESA RIMBA JAYA KEC.TAPUNG HULU KAMPAR TAHUN 2021

Penulis

  • LORA MARLITA Universitas Abdurrab
  • ANDALIA ROZA
  • M KHOIRUDIN

DOI:

https://doi.org/10.35328/keperawatan.v10i2.2091

Kata Kunci:

pengetahuan,pembelajaran daring

Abstrak

Keberhasilan pendidikan berkaitan pada keberhasilan dalam proses belajar mengajar yang merupakan sinergi dari berbagai komponen-komponen pendidikan baik itu kurikulum, tenaga pendidikan, sarana pra sararana, maupun sistem pengelolaan, dan faktor lingkungan dimana peserta didik sebagai subyeknya.. Kebijakan ini memaksa adanya perubahan pembelajaran yang semula tatap muka antara guru dan siswa menjadi pembelajaran berbasis online/daring.Tujuan penelitian untuk mengetahui gambaran pengetahuan ibu tentang pembelajaran  secara daring  pada siswa sekolah dasar di masa pandemi covid-19 di Desa Rimba Jaya, Kec Tapung Hulu Kampar Tahun 2021, Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif, populasi dalam penelitian ini adalah ibu di desa rimba jaya yang berjumlah 200  orang. Sampel sebanyak 134 ibu teknik pengambilan sampel adalah total purpsive sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dengan 15 pertanyaan. Hasil uji statistik diperoleh pengetahuan ibu berada dikategori baik yaitu 106 orang ( 79,1 %). Saran peneliti untuk  ibu  agar bisa lebih meningkatkan pengetahuannya tentang pembelajaran secara daring dimasa pandemi agar bisa membantu anak dalam pembelajaran secara daring.karena faktor biologis. Dari penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan perbandingan tentang kejadian resiko perilaku kekerasan di tahun yang akan datang dan juga sabagai tolok ukur dalam mengurangi angka kejadian resiko perilaku kekerasan.

Keberhasilan pendidikan berkaitan pada keberhasilan dalam proses belajar mengajar yang merupakan sinergi dari berbagai komponen-komponen pendidikan baik itu kurikulum, tenaga pendidikan, sarana pra sararana, maupun sistem pengelolaan, dan faktor lingkungan dimana peserta didik sebagai subyeknya.. Kebijakan ini memaksa adanya perubahan pembelajaran yang semula tatap muka antara guru dan siswa menjadi pembelajaran berbasis online/daring.Tujuan penelitian untuk mengetahui gambaran pengetahuan ibu tentang pembelajaran  secara daring  pada siswa sekolah dasar di masa pandemi covid-19 di Desa Rimba Jaya, Kec Tapung Hulu Kampar Tahun 2021, Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif, populasi dalam penelitian ini adalah ibu di desa rimba jaya yang berjumlah 200  orang. Sampel sebanyak 134 ibu teknik pengambilan sampel adalah total purpsive sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dengan 15 pertanyaan. Hasil uji statistik diperoleh pengetahuan ibu berada dikategori baik yaitu 106 orang ( 79,1 %). Saran peneliti untuk  ibu  agar bisa lebih meningkatkan pengetahuannya tentang pembelajaran secara daring dimasa pandemi agar bisa membantu anak dalam pembelajaran secara daring.karena faktor biologis. Dari penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan perbandingan tentang kejadian resiko perilaku kekerasan di tahun yang akan datang dan juga sabagai tolok ukur dalam mengurangi angka kejadian resiko perilaku kekerasan.

Diterbitkan

2022-01-27

Cara Mengutip

GAMBARAN PENGETAHUAN IBU TENTANG PEMBELAJARAN SECARA DARING PADA SISWA SEKOLAH DASAR DIMANA PANDEMI COVID -19 Di DESA RIMBA JAYA KEC.TAPUNG HULU KAMPAR TAHUN 2021. (2022). Jurnal Ilmu Keperawatan, 10(2), 98-103. https://doi.org/10.35328/keperawatan.v10i2.2091