The HUBUNGAN PERAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DARING SISWA SD PADA MASA PANDEMI COVID-19

Penulis

  • Reza Rezky Mubarok
  • Susi Erianti
  • Yecy Anggreny

DOI:

https://doi.org/10.35328/keperawatan.v11i2.2236

Kata Kunci:

COVID-19, Motivasi Belajar, Peran Orang Tua

Abstrak

Pandemi Covid-19 memiliki dampak dari berbagai sektor, terutama dalam sektor pendidikan yang menyebabkan sistem pembelajaran berubah menjadi metode online. Motivasi belajar siswa mengalami dampak, saat pembelajaran online siswa belajar dirumah dan membutuhkan perhatian yang lebih dari orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan peran orang tua terhadap motivasi belajar daring siswa SD pada masa pandemi COVID-19. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif menggunakan desain korelasi analitik melalui pendekatan Cross Sectional. Analisa yang digunakan adalah univariat dan bivariat. Analisa bivariat menggunakan Uji Chi Square. Sampel 183 orang, dalam bentuk random sampling dengan teknik proportionate sratified sampling. Hasil uji Chi Square didapat Pvalue = 0.009 (< 0.05). Hasil analisis bivariat menunjukkan bahwa ada hubungan peran orang tua terhadap motivasi belajar daring siswa SD pada masa pandemi COVID-19.  Dari hasil penelitian ini diharapkan orang tua lebih mendampingi, memberikan perhatian dan memfasilitasi belajar anak  saat pembelajaran daring

Referensi

Adevita, M., Widodo (2021). Peran orang tua pada motivasi belajar anak dalam pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah. 5(1).

Aisyatinnaba, N., & Sutoyo, A. (2016). Peran Orang Tua Dalam Memotivasi Belajar Siswa. Indonesian Journal of Guidance and Counseling, 5(3), 52-57.

Donsu, J. D. T. (2010). Psikologi Keperawatan: Aspek-aspek Psikologi, Konsep Dasar Psikologi, Teori Perilaku Manusia. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Fauziah, A., Rosnaningsih, A., & Azhar, S. (2017). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota Tanggerang. Jurnal JPSD. 4 (1): 783.

Hardiyanto. (2014). Pengaruh Pendidikan, Pekerjaan dan Pendapatan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Pada SMA Negeri 15 Surabaya. Jurnal Ilmiah,vol 2.

Hayati, S. A. (2020). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Dengan Sistem Daring pada Masa Pandemi di Desa Depokrejo , Kebumen Arifia Sabila Hayati. 2(1), 23–32.

Hero, H., & Sni. M. E. (2018). Peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas v di sekolah dasar inpres iligetang. Jurnal Riset Pendidikan Dasar. 1(2).

Junita, S. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar dan Perhatian Orang Tua terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Baso Tahun Pelajaran 2018/2019. Journal for Research in Mathematics Learning, 88-98.

Prihartanta, W. (2015). Teori-Teori Motivasi. Jurnal Adabiya, Tahun 2015, Vol. 1 No.(83), 1–11. https://www.academia.com

Prihatin. (2021). Peran orang tua dan kendala yang dihadapi dalam pembelajaran di rumah ( daring ) saat pandemi covid 19. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1).

Sahroni, O., Nuryuniarti, R., Pratiwi, A. S., Nurkamilah, M., Kesehatan, F., Tasikmalaya, U. M., & Tasikmalaya, U. M. (2021). Jurnal Cakrawala Pendas. 7(1), 74–80.

Sudarsana, K., Lestari, N, G., Krisdayanti, A, B., Yuli, A., Trisnadewi, K., Dewi, S., et al, (2020). COVID-19 Perspketif Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.

Sundari, S., & Yoridho, S. A. (2018). Langkah Kakiku Setelah SMA. Jakarta: Publica Institue Jakarta.

Suryabrata, Sumadi (2010). Psikologi pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Susanto Ahmad (2016) Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar Jakarta : Prena Media Group.

Syah, M. (2012). Psikologi Belajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Tokan dan Imakulata. (2019). The Effect of Motivation and Learning Behavior on student Achievement. South African of Education, 5.

Triwiyati, W. (2017). Penerapan Metode Diskusi Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dalam Menulis Wacana Sederhana Menggunakan Aksara Jawa pada Siswa Kelas X TIK-A di SMK Negeri 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Surakarta: Dwija Utama.

Wahidin. (2019). Peran Orang Tua dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pancar, 242.

Zhu, Y. dan Yang, J. (2012). Effect of Farmers' Motivation on Their Participation in Publicly Funding Tarining Programs in Sichuan Province, China. Journal of Agricultural Science, doi:10.5539/jas.v4n10p68

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-30

Cara Mengutip

The HUBUNGAN PERAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DARING SISWA SD PADA MASA PANDEMI COVID-19. (2022). Jurnal Ilmu Keperawatan, 11(2), 208-215. https://doi.org/10.35328/keperawatan.v11i2.2236