EFEKTIFITAS TERAPI ASSERTIVE TRAINING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI ASERTIF DAN SELF ESTEEM PADA REMAJA DENGAN PERILAKU AGRESIF

Penulis

  • Rista Nora STIKES YPAK PADANG
  • Marizki Putri

DOI:

https://doi.org/10.35328/keperawatan.v11i2.2272

Kata Kunci:

Asertive Training,Komunikasi, Self Esteem

Abstrak

Komunikasi merupakan dasar dari seluruh kegiatan interaksi sosial dalam kehidupan sehari- hari. Tujuan komunikasi adalah untuk menyampaikan keinginan dan perasaan pada orang lain, dimana dalam menyampaikan keinginan dan perasaan hendaknya penting untuk tetap memperhatikan hak orang lain atau yang disebut dengan komunikasi asertif. Kurangnya kemampuan remaja dalam melakukan komunikasi asertif menyebabkan tingginya kejadian perilaku agresif pada remaja dan membuat self esteem remaja menjadi negatif. Kemampuan komunikasi asertif dapat ditingkatkan dengan memberikan terapi kelompok Asssertiveness Training.

Tiga tahun belakang terjadi peningkatan angka kejadian perilaku agresif baik pada remaja maupun anak usia sekolah, dimana peningkatan ini terjadi 40% setiap tahunnya. Perilaku agresif merupakan salah satu bentuk ekspresi emosi individu akibat adanya suatu ketidak berhasilan yang dialami. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat efektifitas terapi assertive training terhadap kemampuan komunikasi asertife dan self steem pada remaja dengan perilaku asertif. Jenis penelitian ini yaitu quasi eksperimen dengan pendekatan “One Group Pra-test-posttest Design”.Penelitian ini telah dilakukan di SMKN 1 Kota Solok pada bulan Juni - Desember 2022. Populasi 196 responden tekni pengambilan sampel accidental sampel dengan jumlah sampel 43 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan rerata baik sebeluum maupun sesudah dengan mean kemampuan komunikasi asertif -22.419, standar deviasi 9.647, standar eror 1.475 dengan nilai CI -25.39 - -19.44, nilai t -15.19, dengan nilai pvalue adalah 0.000, yang artinya terdapat pengaruh antara  sebelum dan sesudah diberikan intervensi terapi asertif training dengan kemampuan komunikasi aseertif pada remaja.

Referensi

Ardebili, Elmira Fasihi and Fatemeh Golshani. 2016. “Early Maladaptive Schemas and Aggression Based on the Birth Order of Children.” Modern Applied Science 10(9):14.

Avşar, Fatma and Sultan Ayaz Alkaya. 2017. “The Effectiveness of Assertiveness Training for School-Aged Children on Bullying and Assertiveness Level.” Journal of Pediatric Nursing 36:186–90.

Dayakisni, Novalia dan Tri. 2013. “PERILAKU ASERTIF DAN KECENDERUNGAN MENJADI

Al-Asalmiya Nursing / Vol. 11, No. 2, Tahun 2022

Page | 164

KORBAN BULLYING Novalia.” ISSN 01(01):172–78.

Gowi1, Abdul and Tuti Nuraini , Achir Yani S. Hamid. 2012. “PADA ANAK USIA SEKOLAH MELALUI LATIHAN ASERTIF Pendahuluan Metode.” Jurnal Keperawatan Indonesia 3(3):201–6.

Gultekin, Abdurrezzak, Aysel A. Ozdemir, and Funda Budak. 2018. “The Effect of Assertiveness Education on Communication Skills given to Nursing Students.” International Journal of Caring Sciences 11(1):395–401.

Isnaini Zakiyyah Arofa, Hudaniah, Uun Zulfiana. 2018. “Pengaruh Perilaku Bullying Terhadap Empati Ditinjau Dari Tipe Sekolah.” 8(01):622–33.

Lutfiani, Dina. 2017. “Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Perilaku Agresif Siswa Kelas Viii Smp Negeri 8 Kediri Tahun Ajaran 2017/2018.” Simki-Pedagogia 02(03):2–9.

NINAWATI, THERESIA MARIA. 2012. “NG KOMUNIKASI ASERTIF TRAINING KOMUNIKASI ASERTIF UNTUKMENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF UNTUKMENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF TERHADAP KETERAMPILAN KERJASAMA TERHADAP KETERAMPILAN KERJASAMA PADA PRE OPERATIONAL FIRST OFFICER PT.X (Assertive.” Fmipa Ui (0806455143):1–95.

Shao, Aihui, Lichan Liang, Chunyong Yuan, and Yufang Bian. 2014. “A Latent Class Analysis of Bullies, Victims and Aggressive Victims in Chinese Adolescence: Relations with Social and School Adjustments.” PLoS ONE 9(4):e95290.

Sriyanto, -, Aim Abdulkarim, Asmawi Zainul, and Enok Maryani. 2014. “Perilaku Asertif Dan Kecenderungan Kenakalan Remaja Berdasarkan Pola Asuh Dan Peran Media Massa.” Jurnal Psikologi 41(1):74.

Yunalia, Endang Mei. 2017. “Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Penerimaan Perubahan Fisik Remaja Putri Pada Masa Pubertas.” Nursing Sciences Journal 1(1):30–36.

Yunalia, Endang Mei and Idola P. S. Suharto. 2020. “Penurunan Tingkat Perilaku Agresif Pada Remaja Putra Dengan Terapi Regulasi Emosi.” Jurnal Keperawatan Jiwa 8(3):361–68.

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-30

Cara Mengutip

EFEKTIFITAS TERAPI ASSERTIVE TRAINING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI ASERTIF DAN SELF ESTEEM PADA REMAJA DENGAN PERILAKU AGRESIF . (2022). Jurnal Ilmu Keperawatan, 11(2), 158-164. https://doi.org/10.35328/keperawatan.v11i2.2272