KENALI, SINDROM ZOOM FATIQUE PADA MAHASISWA SELAMA PEMBELAJARAN DARING
DOI:
https://doi.org/10.35328/keperawatan.v11i2.2284Kata Kunci:
Kelelahan Umum, Kelelahan Visual, Kelelahan Sosial, Kelelahan Motivasi dan Kelelahan EmosionalAbstrak
Kelelahan, gelisah, dan ansietas yang dirasakan setelah mengikuti konferensi video dikenal dengan istilah zoom in fatigue. Zoom in fatique ini dirasakan tidak hanya berupa kelelahan umum, tapi juga menyerang indra penglihatan serta mengakibatkan kelelahan psikologis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui zoom in fatique yang terjadi pada mahasiswa/i kesehatan di Pekanbaru selama pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Mahasiswa/i kesehatan di Kota Pekanbaru, dengan jumlah 203 siswa/I menjadi sample dalam penelitian ini. Teknik sampling yang digunakan adalah accidental sampling. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah Kuesioner ZEF Scale yang terdiri dari 15 pertanyaan. Hasil penelitian didapatkan 52.7% responden mengalami kelelahan akibat belajar daring atau zoom in fatique yang berada pada kategori kelelahan sedang. 52.2% responden mengalami kelelahan umum dengan kategori sedang, 44.8% responden mengalami kelelahan visual pada kategori sedang, 33% mengalami kelelahan sosial pada kategori sedang, 49.2% mengalami kelelahan motivasi pada kategori sedang, dan 37.4% mengalami kelelahan emosional di kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa dari lima kelelahan setelah mengikuti video pembelajaran maka kelelahan yang paling bayak dirasakan adalah kelelahan umum. Namun sayangnya masih sedikit mahasiswa yang menyadari bahwa gejala yang mereka alami adalah zoom in fatique. Sehingga, perlu dilakukan edukasi atau sosialisasi kepada mahasiswa terkait gejala zoom in fatique dan gejala yang menyertai serta cara mencegah terjangkitnya zoom in fatique selama pembelajaran daring berlangsung.
Kata kunci: Kelelahan Motivasi, Sosial, Umum, Visual
Unduhan
Referensi
Agustin, A. (2021). Zoom Fatigue , Fenomena Kelelahan Setelah Melakukan Konferensi Video.
Alvita, G. (2017). Hubungan Faktor Kelelahan Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Fakutas Kedokteran Angkatan 2017 (Issue November). Universitas Hasanuddin.
Dhir, A., Yossatorn, Y., Kaur, P., & Chen, S. (2018). International Journal of Information Management Online social media fatigue and psychological wellbeing — A study of compulsive use , fear of missing out , fatigue , anxiety and depression. International Journal of Information Management, 40(February), 141–152. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2018.01.012
g. Fauville, M. Luo, A.C.M. Queiroz, J.N. Bailenson, J. H. (2021). Zoom Exhaustion & Fatigue Scale Elsevier Enhanced Reader.pdf. Computer in Human Behaviour Reports 4, 4, 1–11.
Kuntardi, D. V. S. (2021). Zoom Fatigue dan Keberfungsian Sosial di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Publisitas, 7(2), 72–79. https://doi.org/10.37858/publisitas.v7i2.47
Lestari, P. W., & Fayasari, A. (2022). Zoom Fatigue during the COVID-19 Pandemic: Is it Real? Kesmas, 17(2), 151–156. https://doi.org/10.21109/kesmas.v17i2.5707
Lubis, H., Ramadhani, A., & Rasyid, M. (2021). Stres Akademik Mahasiswa dalam Melaksanakan Kuliah Daring Selama Masa Pandemi Covid 19. Psikostudia : Jurnal Psikologi, 10(1), 31. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v10i1.5454
Novita, Diana; Hutasuhut, A. R. (2020). Plus Minus Penggunaan Aplikasi-Aplikasi Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Unimed Medan, June, 1–11.
pustikasai, A. (2021). Stress dan Zoom Fatigue pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring. 13(1), 25–37.
Salim, J., Tandy, S., Arnindita, J. N., Wibisono, J. J., Haryanto, M. R., & Wibisono, M. G. (2022). Zoom fatigue and its risk factors in online learning during the COVID-19 pandemic. Medical Journal of Indonesia, 31(1), 1–7. https://doi.org/10.13181/mji.oa.225703
Savira, S. I. (2021). Gambaran Keberfungsian Sosial Pada Mahasiswa Yang Mengalami Zoom Fatigue. Jurnal Psikologi:, 200.
Setiawati, S. R., Pinakesty, A., Fasda, B., Ratnasari, E., & Paridi, R. (2022). Zoom Fatigue: Waspadai Zoom Fatigue Di Masa Pandemi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Medika, 48–52. https://doi.org/10.23917/jpmmedika.v2i1.516
Welong, S. S., Manampiring, A. E., & Posangi, J. (2020). Hubungan
Al-Asalmiya Nursing / Vol. 11, No. 2, Tahun 2022
Page | 177
antara kelelahan , motivasi belajar , dan aktivitas fisik terhadap tingkat prestasi akademik. Jurnal Biomedik, 12(28), 125–131.
Zaini, M. (2021). Zoom In Fatigue Pada Mahasiswa Keperawatan Selama Periode. 5(1), 64–70.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Ilmu Keperawatan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.