Gambaran Pengetahuan Orang Tua Tentang Perawatan Anak Talasemia
DOI:
https://doi.org/10.35328/keperawatan.v12i2.2550Kata Kunci:
Anak penderita talasemia, Orang tua, PengetahuanAbstrak
Penyakit talasemia pada anak dan pengobatan yang dilakukan rutin dalam jangka waktu yang lama menyebabkan berbagai macam komplikasi seperti, pembesaran hati dan limfa, gangguan pertumbuhan, pubertas terhambat, hingga gagal jantung. Keberlangsungan dari proses pengobatan dan pencegahan komplikasi pada anak penderita talasemia dipengaruhi oleh dukungan orang tua. Orang tua perlu dibekali pengetahuan yang baik, sehingga dapat memberikan perawatan yang baik bagi anak penderita talasemia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran dari tingkat pengetahuan orang tua yang merawat anak penderita talasemia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif sederhana. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 30 orang tua yang memiliki anak penderita talasemia. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Pengetahuan orang tua tentang perawatan anak penderita talasemia diukur menggunakan kuesioner. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis univariat. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata usia orang tua 21-40 tahun (53,3%), 20 orang (66,7%) berjenis kelamin perempuan, pendidikan SMA 16 orang (53,3%), lama anak terdiagnosa talasemia ≥ 5 tahun 16 orang (46,7%), 11 orang tua (36,7%) memiliki tingkat pengetahuan baik, sebagian besar tingkat pengetahuan orang tua yang merawat anak penderita talasemia berkategori cukup baik yaitu sebanyak 13 orang dengan presentase sebesar (43,3%), dan 6 orang tua (20%) kurang baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah orang tua yang merawat anak penderita talasemia belum memiliki pengetahuan yang baik tentang talasemia. Perawat perlu memberikan informasi kesehatan khususnya tentang penyakit talasemia dan perawatan orang tua kepada anak penderita talasemia.
Unduhan
Referensi
Baer, K. (2011). A guide to living with thalassemia. Diperoleh dari www.cdc.gov/ncbddd/thalassemia
Cahyaningrum, E., & Siwi, A. (2018). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Pengetahuan Ibu dalam Penanganan Demam pada Anak di Puskesmas I Kembaran Banyumas. Jurnal Publikasi Kebidanan, 9(2), 1-13.
Guha, P., Talukdar , A., De, A., Bhattacharya, R., Pal, S., Dasgupta, G., et al. (2013). Behavioral Profile And school Performance Of Thalassaemic Children In Eastern India. 49-52.
Hockenberry, M.L., & Wilson, D. (2011). Wongs nursing care of infants and children (9th ed) Kanada: Mosby.
Ikatan Dokter Anak Indonesia. (2019). Mengenal thalasemia. Retrieved September 10, 2019, from IDAI: www.idai.or.id
Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2019). Angka pembawa sifat talasemia tergolong tinggi. Retrieved September 10, 2019, from Kementrian Kesehatan Republik Indonesia: www.p2ptm.kemenkes.go.id
Marnis, D., Indriati, G., & Nauli, F. (2018). Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu dengan Kualitas Hidup Anak Thalasemia. Jurnal Keperawatan Sriwijaya, 5(2), 31-41.
Nandeswari, V., Idriansari, A. & Latifin, K. (2021). Pengetahuan orang tua merawat anak penderita thalasemia. Proceeding Semin. Nas. Keperawatan 7, 155–162.
Notoatmodjo, S. (2012). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta
Pratiwi, S & Yuningsih. (2015). Komunikasi persuasi helper dalam menumbuhkan motivasi bagi penderita talasemi. Prosiding Penelitian SpeSIA 201
Rekam Medik RSUD Arifin Achmad Pekanbaru. (2017). Pekanbaru
Saadah, N (2020) Stimulasi Perkembangan Olah Ibu Melalui Bermain dan Berkreasi Pada Anak Usia Dini. Surabaya : SCOPINDO Media Pustaka.
Thalassemia International Federation. (2019). Treatments Centre Thalassemia. Retrieved from About Thalassemia: https://www.thalassemia.org/learn-aboutthalassemia/about-thalassemia/
WHO. (2016). The global burden of diseaseup date. Diperoleh tanggal 15 Desember 2016 dari www.who.int/healthinfo/global_burden_dis ease/ .
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Ilmu Keperawatan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.