FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KUALITAS LULUSAN MAHASISWAKEPERAWATAN DENGAN STUDI CROSS SECTIONAL

Penulis

  • Ennimay Universitas Hangtuah Pekanbaru
  • Siska Mayang Sari Universitas Hangtuah Pekanbaru
  • T. Abdur Rasyid Universitas Hangtuah Pekanbaru

DOI:

https://doi.org/10.35328/keperawatan.v13i2.2804

Kata Kunci:

Pendidikan keperawatan,kompetensi dosen, lama kerja, sertifikasi, skor kredit, kualitas lulusan keperawatan

Abstrak

Peran perawat sangat penting dalam meningkatkan kualitas layanan kesehatan di Indonesia. Oleh karena itu, sangat penting bagi perawat untuk memiliki kompetensi profesional di semua aspek pekerjaan mereka. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis faktor-faktor yang terkait kualitas lulusan keperawatan dari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) di Kota Pekanbaru. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian potong lintang (cross-sectional). Populasi dalam penelitian ini mencakup seluruh dosen dari program studi keperawatan di Hang Tuah Pekanbaru, Al-Insyirah, dan Payung Negeri di Kota Pekanbaru. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, yaitu sampel non-probabilitas yang dipilih berdasarkan karakteristik populasi dan tujuan penelitian. jumlah sampel adalah 40 responden. Hasil penelitian mayoritas responden adalah perempuan dengan 32 orang (80%), 37 responden (92,5%) memiliki gelar magister di bidang keperawatan, Berdasarkan unit kerja data menunjukkan bahwa 18 responden (45%) berasal dari STIKes Hang Tuah Pekanbaru, 18 orang (45%) berasal dari STIKes Payung Negeri, dan 4 orang (10%) berasal dari STIKes Al[1]insyirah, bidang keahlian yang terbanyak yaitu keperawatan medikal bedah 14 orang (35%), Posisi fungsional responden terbanyak menunjukkan bahwa 22 orang (55%) adalah asisten ahli, Berdasarkan sertifikasi terdapat 24 responden (60%) memiliki sertifikasi dosen, untuk masa pengabdian terbanyak yaitu 6-10thn 26 orang (65%) sedangkan berdasarkan skor kredit dosen lebih 18 orang (45%).

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

AIPNI (2016). Kurikulum inti pendidikan Ners Indonesia 2015. Jakarta: Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI).

Apriani, F. (2009). Pengaruh Kompetensi , Motivasi , dan. Bisnis & Birokasi, Jurnal Ilmu Administrasi Dan Organisasi, 16, 13–17.

Burroughs, N., Gardner, J., Lee, Y., Guo, S., Touitou, I., Jansen, K., & Schmidt, W. (2019). Teaching for Excellence and Equity: Analyzing Teacher Characteristics, Behaviors and Student Outcomes with TIMSS. In S. Hegarty & L. Rutkowski (Eds.), IEA Research for Education (Vol. 6). Switzerland: Springer Open. Retrieved from http://www.springer.com/series/14293

Darmawan, D. (2013). Pengantar Keperawatan Profesional. Yogyakarta: Gosyen Publishing

Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen. Jakarta: Depdiknas.

Departemen Pendidikan Nasional. (2012). Undang-undang Republik Indonesia nomor 12 tahun 2012 tentang pendidikan tinggi. Jakarta: Depdiknas.

Dharma, K. K. (2013). Metodologi penelitian keperawatan : Panduan melaksanakan dan menerapkan hasil penelitian. Jakarta : CV. Trans Info Media.

Ennimay. (2020). Hasil tracer study lulusan Stikes Hang Tuah Pekanbaru, Stikes Payung Negeri dan Stikes Al-Insyirah. Pekanbaru 2014 -2017.

Galih, G. (2016). Inilah kualifikasi dan kompetensi dosen menurut undang-undang sudah memenuhi? Retrieved from https://www.duniadosen.com/inilah-kualifikasi-dan-kompetensi-dosen-menurut-undang-undang-sudah-memenuhi/

Gillespie, M., Mcfetridge, B., & Gillespie, M. (2006). Nurse education – the role of the nurse teacher. Journal of Clinical Nursing, 15, 639–644..

Lestari, T. R. P. (2014). Upaya menghasilkan tenaga perawat berkualitas Nursing education : Effort to produce quality nurses personnel. Aspirasi, 5, 1–10.

Marlia. (2012). Sari Fatimah, S.Kp., M.Kes., “Dengan sistem kbk, lulusan fik harus kuasai kompetensi pada pengetahuan". Retrieved from https://www.unpad.ac.id/profil/sari-fatimah-s-kp-m-kes-dengan-sistem-kbk-lulusan-fik-harus-kuasai-kompetensi-pada-pengetahuan-keterampilan-dan-sikap/

McSharry, E., & Lathlean, J. (2017). Clinical teaching and learning within a preceptorship model in an acute care hospital in Ireland; a qualitative study. Nurse Education Today, 51, 73–80. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2017.01.007

Muhaimin. (2004). Wacana Pengembangan pendidikan islam. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Nugroho, I. (2013). Budaya akademik dosen profesional. Solo: Era Adicitra Intermedia.

Pulungan, D. R., & Arda, M. (2019). Kompetensi dosen dan pencapaian hasil belajar mahasiswa. Liabilities (Jurnal Pendidikan Akuntansi), 2(2), 115–124. https://doi.org/10.30596/liabilities.v2i2.3288

Satoh, M., Fujimura, A., & Sato, N. (2020). Competency of Academic Nurse Educators. SAGE Open Nursing, 6, 3–9. https://doi.org/10.1177/2377960820969389

Suherni. (2018). Hubungan profesionalisme dosen dengan prestasi belajar mahasiswa s1 keperawatan dalam mata kuliah KDM di Stikes Flora. Jurnal Keperawatan Priority, 1(2), 63–72.

Surya, D. E. (2011). Kompetensi dosen terhadap standarisasi layanan kepada mahasiswa. Majalah Ilmiah UNIKOM, 6(2), 157–168.

Tahnia, A., Hamidy, M. Y., & Sukiandra, R. (2013). Pengetahuan dan keterampilan klinik mahasiswa dengan kurikulum berbasis kompetensi dan konvensional di Bagian Obstetri Ginekologi Fakultas Kedokteran Universitas Riau. Pekanbaru: Fakultas Kedokteran Universitas Riau.

World Health Organization (2013). Transforming and scaling up

health professionals’ education and training: World Health Organization guidelines 2013. Switzerland: World Health Organization

Wu, F. Q., Wang, Y. L., Wu, Y., & Guo, M. (2014). Application of nursing core competency standard education in the training of nursing undergraduates. International Journal of Nursing Sciences, 1(4), 367–370. https://doi.org/10.1016/j.ijnss.2014.10.010

LAM-PTKes. (2019) Kriteria dan Prosedur Akreditasi Program Studi Pendidikan Profesi Ners 2019. Jakarta: LAM-PTKes

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-undang No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Depdiknas: Jakarta.

Pome, G. and Feri, J. (2018) “Kinerja Dosen Jurusan Keperawatan Ditinjau Dari Usia, Lama Kerja, Status Sosial, Supervise, Motivasi, Kelengkapan Alat”, JPP (Jurnal Kesehatan Poltekkes Palembang), 1(13), p. -.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2013). Perawat mendominasi tenaga kesehatan. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Diakses Desember 2021 dari https://www.kemkes.go.id/article/view/1505/perawat-mendominasi-tenaga-kesehatan.html

Diterbitkan

2025-01-27

Cara Mengutip

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KUALITAS LULUSAN MAHASISWAKEPERAWATAN DENGAN STUDI CROSS SECTIONAL. (2025). Jurnal Ilmu Keperawatan, 13(2), 288-296. https://doi.org/10.35328/keperawatan.v13i2.2804