HUBUNGAN METODE MENGAJAR DISKUSI DENGAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH KONSEP KEBIDANAN

Penulis

  • Fatma Nadia STIKes Al-Insyirah Pekanbaru

Kata Kunci:

Metode Mengajar Diskusi, Hasil Belajar, Konsep Kebidanan

Abstrak

Pendidikan merupakan kebutuhan manusia sepanjang hidup. Pendidik dituntut untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan dalam upaya peningkatan mutu pendidikan terutama dalam proses belajar mengajar. Pendidik harus menggunakan metode mengajar yang dapat membuat mahasiswa berperan serta aktif dalam proses belajar mengajar seperti metode mengajar diskusi, sehingga diharapkan mahasiswa lebih faham dan mengerti tentang pembelajaran yang sedang berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan metode mengajar diskusi dengan hasil belajar mata kuliah konsep kebidanan pada mahasiswi semester I di Akademi Kebidanan Sehat Medan. Penelitian ini bersifat korelasional dengan rancangan penelitian Cross sectional, teknik pengambilan sampel secara Purposive Sampling yaitu diambil atas pertimbangan tertentu bahwa mahasiswi kelas C semester I sudah mewakili kelas yang lain, yaitu berjumlah 58 responden. Berdasarkan hasil uji statistik diketahui bahwa distribusi metode mengajar diskusi yang diterapkan oleh dosen memiliki respon yang baik sejumlah 47 orang (81%). Sedangkan distribusi hasil belajar mata kuliah konsep kebidanan paling banyak mendapatkan nilai B sejumlah 32 orang (55,2%). Dan hasil uji product Moment dengan tingkat kepercayaan (α) = 5% (0,05), diperoleh hasil rhitung ­= 0,628 lebih besar dari rtabel = 0,254, sehingga hipotesis yang menyatakan “Ada hubungan antara metode mengajar diskusi dengan hasil belajar mata kuliah konsep kebidanan”, diterima dan memiliki hubungan yang signifikan dengan tingkat keeratan hubungan cukup berarti. Disimpulkan bahwa metode diskusi merupakan metode yang berfungsi memotivasi dan memberi stimulasi kepada peserta didik agar dapat memecahkan masalah. Disarankan kepada dosen mata kuliah kebidanan untuk dapat lebih banyak menggunakan metode diskusi pada setiap pembelajaran yang unsurnya teori, sehingga mahasiswi kebidanan dapat meningkatkan pengetahuan dan informasi dalam interaksi untuk memecahkan masalah.

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Danim. 2010. Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Sudjana, N. 2006. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Yamin, Martinis. 2010. Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Gaung Persada Press.

http://www.gudangmateri.com/2010/04/uu-sistem-pendidikan-nasional.html. (23 Maret 2012)

Diterbitkan

Cara Mengutip

HUBUNGAN METODE MENGAJAR DISKUSI DENGAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH KONSEP KEBIDANAN. Jurnal Ilmu Kebidanan, 7(2), 1-6. https://jurnal.ikta.ac.id/kebidanan/article/view/50