GAMBARAN KEPUASAN DOKTER GIGI DALAM PEMESANAN GIGI TIRUAN DI LABORATORIUM ATHALLAH DENTAL KOTA PEKANBARU
DOI:
https://doi.org/10.35328/kesmas.v11i1.2158Kata Kunci:
Kepuasan, Gigi Tiruan, LaboratoriumAbstrak
Kepuasan merupakan persepsi terhadap sesuatu yang sudahmemenuhi harapannya. Berdasarkan survey awal yang dilakukan di Praktek Dokter Gigi yang melakukan pemesanan gigi tiruan di Laboratorium Athallah Dental dari 7 responden Dokter Gigi yang melakukan pemesanan gigi tiruan, terdapat 6 responden merasa tidak puas dengan kualitas produk yang dihasilkan, seperti tebalnya basis, dan gigi tiruan yang longgar, 5 responden merasa pelayanan yang diberikan kurang maksimal, 5 responden yang merasa harga jenis gigi tiruan berbahan thermosens lebih mahal dibandingkan laboratorium lainnya, 4 responden mengeluhkan ketepatan waktu yang tidak sesuai. Tujuan Penelitian ini adalah ingin mengetahui gambaran kepuasan dari Dokter gigi dalam pemesanan gigi tiruan di Athallah Dental Laboratorium Kota Pekanbaru Tahun 2020. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian Kuantitatif yang bersifat Deskriptif metode pengambilan data menggunakan kuesioner dengan responden sebanyak 29 Dokter gigi. Hasil penelitian ini menunjukkan kepuasan pemesanan gigi tiruan di Laboratorium Athallah Dental yaitu terdapat 15 responden (51,7%) yang merasa tidak puas, dan responden yang merasa puas terdapat 14 responden (48,3%). pelayanan pada pemesanan gigi tiruan di Laboratorium Athallah Dental kurang baik terdapat 10 responden (34,5%) dan yang merasa pelayanan yang diberikan baik terdapat 19 responden (65,5%). responden yang merasa harga pada pemesanan gigi tiruan di Laboratorium Athallah Dental mahal terdapat 13 responden (44,8%) dan yang merasa harga yang diberikan murah terdapat 16 responden (55,2%). ketepatan waktu pada pemesanan gigi tiruan di Laboratorium Athallah Dental yang tidak tepat waktu terdapat 15 responden (51,7%) dan yang merasa tepat waktu terdapat 14 responden (48,3%). Diharapkan lebih meningkatkan kualitas pelayanan dan ketepatan waktu dalam pembuatan gigi tiruan.
Daftar Pustaka : 34 (2010-2019)
Kata Kunci : Kepuasan, Gigi Tiruan, Laboratorium
Referensi
Aminah. (2017). Analisis Pengaruh Faktor Ketepatan Waktu Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan.
Anggraeni, D., Kumadji, S., & Sunarti, S. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan ( Survei Pada Pelanggan Nasi Rawon Di Rumah Makan Sakinah Kota Pasuruan).
Nurhamidah, Ramadhan, E. S., Asmawati, & Juni. (2016). Hubungan status kesehatan gigi dan Mulut dengan prestasi belajar siswa/i sd negri 2 sangga beru Kecamatan Gunung Meriah Kabupaten Aceh Singkil. Jurnal Kesehatan Gigi, 03(2), 35–4Nursing), Volume 6, No.1, Maret 2011. 6(1), 56–61.
Riyono. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Aqua Di Kota Pati. Jurnal Stie Semarang, 8(9), 2252–2826.
Oktaviasari, N., & Rachma, N. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Tarif Dan Ketepatan Waktu Terhadap Kepuasan Pelanggan. Riset Manajemen, 1–10. Http://Riset.Unisma.Ac.Id/Index.Php/Jrm/Article/View/2233
Saputro,M . (2018).Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Word Of Mouth (Wom) Melalui Kepuasan Konsumen Pada Laboratorium Tekniker Gigi Sinar Aji Di Jember.Managemen Pemasaran.Universitas Jember.
Surahmawati. (2015). Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit Umum Daerah Barru ( Kasus Pelayanan Rawat Jalan Pasien Pengguna Asuransi Kesehatan ). Al-Sihah : Public Health Science Journal, 7(Januari-Juli), 26–40.
Syaifullah. (2018). Gambaran Kepuasan Pasien Pada Gigi Tiruan Dan Pelayanan Di Praktek Dokter Gigi Erlis Marisa Kota Pekanbaru Tahun 2018. STIKes Hang Tuah Pekanbaru.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Al Tamimi Kesmas: Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat (Journal of Public Health Sciences)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.