HUBUNGAN MUTU PELAYANAN PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN di RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT SYAFIRA PEKABARU TAHUN 2018

Penulis

  • Yesica Devis STIKes Hang Tuah Pekanbaru

Kata Kunci:

Kepuasan Pasien;, Mutu Pelayanan Perawat, Rumah Sakit;, Rawat Inap

Abstrak

Kepuasan pasien di ruang rawat inap sangatlah penting untuk diperhatikan sebab secara tidak langsung menjadi faktor pendorong bagi kesehatan pasien dengan cara meningkatkan mutu pelayanan seperti kehandalan, jaminan, bukti fisik, empati, dan daya tanggap. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan Reliability (Reliabilitas/Kehandalan), Assurance (Jaminan), Tangibles (Tampilan/Bukti fisik), Emphaty (Empati), dan Responsiveness (Ketanggapan dan kepedulian) dengan Kepuasan Pasien. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah 99 pasien rawat inap di Rumah Sakit Syafira Pekanbaru dengan menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan observasi. Analisis yang digunakan adalah analisis univariat dan bivariat dengan uji statistik Chi-Square (p =0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara Kehandalan (p value = 0,001 dan nilai OR 79,625), Jaminan (p value = 0,001 dan nilai OR 142,857), Bukti Fisik (p value = 0,001 dan nilai OR 6,578), Empati (p value = 0,001 dan nilai OR 93,333), Daya Tanggap (p value = 0,001 dan nilai OR 170,833) dengan Kepuasan Pasien. Saran bagi Perawat sebaiknya dapat memberikan pelayanan yang prima dengan niat yang tulus, sehingga memberikan kesan yang positif terhadap mutu pelayanan keperawatan yang dapat meningkatkan kepuasan pasien. Saran bagi Rumah Sakit Syafira Pekanbaru diharapkan kepada pihak Manajemen Rumah Sakit Syafira Pekanbaru untuk lebih meningkatkan mutu pelayanan keperawatan guna memenuhi kepuasan pasien.

Referensi

Azwar, A. (2010). Pengantar Administrasi Kesehatan (ketiga). Tangerang: BINARUPA AKSRA.

Astuti, & Kustiyah, E. (2014). Analisis kepuasan pasien rawat inap atas pelayanan rumah sakit umum kabupaten sragen.

Bustami. (2011). Penjaminan Mutu Pelayananan Kesehatan & Akseptabilitasnya. (R. Astikawati & A. Prinandita, Eds.). Padang: Penerbit Erlangga.

Herlambang, S. (2016). Manajemen Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. (A. Maulana & W. Hardani, Eds.) (Tiga Belas). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kurnia, S., Hastuti, W., Mudayana, A. A., & Nurdhila, A. P. (2017). Hubungan Mutu Pelayanan dengan Kepuasan Pasien Peserta BPJS di Rumah Sakit Umum Daerah Yogyakarta, 11(2), 165–173.

Martono, N. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif (Kedua). Jakarta: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Mukti, W. Y., Hamzah, A., & Nyorong, M. (2013). Pengaruh Mutu Layanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Woodward Kota Palu, 2(3), 41.

Martini, M., Lestari, W., Yulianthini, N. N., & Suwendra, I. W. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan, 4(1). Retrieved from http://klinis.wordpress.com

Octavia, A., Suswitaroza, & Anwar, P. A. (2012). Analisis Kepuasan Pasien Rawat Inap Bangsal Jantung Di RSUD Raden Mattaher Jambi, 1(1), 11–30.





PERMENKES-2012-29-Perubahan Tarif Pelayanan Kesehatan bagi Peserta Askes.pdf. (2012).

Pane, Dwi A. (2016). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Mutu Pelayanan Rumah Sakit Terhadap Kepuasan Pasien Di Ruang Raawat Inap RSUD Petala Bumi Provinsi Riau. Pekanbaru: Skripsi STIKes Hang Tuah Pekanbaru.

Pohan, I. S. (2012). Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.

Profil Rumah Sakit Syafira Pekanbaru Tahun 2017-2018.

RI, Depkes (2009). Kategori Umur. Retrieved from www.depkes.go.id/kategori-umur.html?m=1.

Riyanto, A. (2011). Aplikasi Metodologi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Rudini. (2015). Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap RSUD Puri Husada Tembilahan. Pekanbaru: Skripsi STIKes Hang Tuah Pekanbaru.

Supranto, J. (2011). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. (Keempat, Ed.). Jakarta: PT RINEKA CIPTA.

Satrianegara, M. F. (2014). Organisasi dan Manajemen Pelayanan Kesehatan. (A. Susilia, Ed.). Jakarta: Salemba Medika.

Sondakh, J. J. S., Marjati, & Pipitcahyani, T. I. (2013). Mutu Pelayanan Kesehatan dan Kebidanan. (A. Suslia, Ed.). Jakarta: Salemba Medika.

Sujarweni, V. W. (2014). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: PUSTAKABARUPRESS.



Situmorang, E. (2014). Studi Tentang Kualitas Pelayanan Rawat Inap Pada Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bontang, 4(2), 1126–1137. Retrieved from ejournal.an.fisip-unmul.org

Tim Skripsi Prodi Kesmas STIKes Hang Tuah. (2018). Panduan Skripsi. (A. S. Efendi, Makomulamin, & Hayana, Eds.). Pekanbaru: STIKes Hang Tuah Pekanbaru.

UURI NO 38 TAHUN 2014 tentang Kesehatan. (2014), 1–32. Retrieved from www.hukumonline.com

UURI NO 44 TAHUN 2009 tentang Rumah Sakit. (2009). Retrieved from www.hukumonline.com

Ulfa F., S., & Zulkarnain, A. K. (2016). Analisis Kepuasan Pasien Rawat Inap Pengguna Jaminan Kesehatan Nasional Terhadap Kualitas Pelayanan Di Bangsal Kebidanan dan Kandungan RSUD Sleman Yogyakarta, 12(2), 412–430.

Ulfah, D. A. (2016). Hubungan Kepuasan Pasien Umum Terhadap Mutu Pelayanan Perawat Di Ruang Rawat Inap RSUD Dumai. Pekanbaru: Skripsi STIKes Hang Tuah Pekanbaru.

Wulandari, R., & Sugiarsi, S. (2014). Hubungan Mutu Pelayanan Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit dr . Soediran Mangun Sumarso Wonogiri Tahun 2014, (April), 77–81.

Diterbitkan

2019-10-14

Cara Mengutip

HUBUNGAN MUTU PELAYANAN PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN di RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT SYAFIRA PEKABARU TAHUN 2018. (2019). Al Tamimi Kesmas: Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat (Journal of Public Health Sciences), 8(1), 1-11. https://jurnal.ikta.ac.id/kesmas/article/view/141