Penerapan Protokol Kesehatan Masa Pandemi Covid-19 Sekolah Dasar Negeri 003 Pasenggerahan

Penulis

  • Wahyu Hidayat Program Studi Magister IKM, STIKes Hang Tuah Pekanbaru
  • M. Kamali Zaman Program Studi Magister IKM, STIKes Hang Tuah Pekanbaru

DOI:

https://doi.org/10.35328/kesmas.v11i1.2161

Kata Kunci:

Covid-19, Evaluasi, Protokol kesehatan, Sekolah tatap muka terbatas.

Abstrak

ABSTRAK

Pandemi Covid-19 mengharuskan kita membatasi interaksi dan kontak secara fisik guna menghindari transmisi Covid-19. Pembatasan ini juga berlaku bagi proses pembelajaran di sekolah, sehingga pembelajaran dari menjadi pilihan. Evaluasi pembelajaran daring yang tidak efektif, mengharuskan pembelajaran tatap muka dilakukan oleh siswa. Disisi lain, kesiapan sekolah untuk menyelenggarakan protokol kesehatan sekolah tatap muka juga masih mengalami kendala. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi Penerapan Protokol Kesehatan Selama Masa Pandemi Covid-19 Sekolah Dasar Negeri 003 Pasenggerahan. Penelitian evaluasi ini menggunakan pendekatan kualitatif, dimana peneliti melakukan evaluasi pelaksanaan pendidikan selama pandemi covid 19 di SDN 003 Pesangrahan. Hasil penelitian menggambarkan kesiapan administratif telah terpenuhi, kesiapan sarana dan perangkat penunjang telah lengkap. Selain itu, pembinaan kebiasaan protokol kesehatan telah dilakukan, serta upaya sustainability juga telah dilakukan dengan baik. Simpulan dari penelitian, secara admistratif dan secara teknis, persyaratan sekolah tatap muka terbatas ddapat dilakukan di SDN 003 Pasenggarahan. Saran dapat diberikan kepada pengelola untuk membentuk satgas Covid-19 agak penyelenggaraan pendidikan tatap muka terbatas dapat dimonitoring secara terus menerus.

Referensi

Anugrahana. A. 2020. Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daringb Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 10 No. 3, September 2020

Astani, LGMZ. 2020. Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Alhikmah. Volume 1 Nomor 1 Tahun 2020.

Dewi. A.A.F. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan. Volume 2 Nomor 1 April 2020.

Firmansyah. Y. Kardina. F. 2020. Pengaruh New Normal Ditengah Pandemi Covid-19 Terhadap Pengelolahan Sekolah Dan Peserta Didik. Buana Ilmu. Volume 4. No 2. 2020.

Gunawan. B. 2020. Analisis Yuridis Pendidikan Jarak Jauh Dalam Perspektif Hak Asasi Manusia Dalam Undang-Undang Dasar NRI 1945 Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Indonesia. Jurnal HAM. Vol 11. No.3. 2020.

Herliandry. L.D. Nurhasanah. Suban. M.E. Kuswanto. H. 2020. Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Vol. 22, No. 1, April 2020.

Kemenkes, 2020. No. HK.02.01/MENKES/202/2020. Protokol Isolasi Diri Sendiri Dalam Penanggulangan Corona Virus Disease (Covid-19). Jakarta.

_____ 2020. Buku Saku Protokol Tatalaksana Covid-19. PDPI, PAPDI, IDAI, PERDATIN, PERKI. Jakarta.

_____ 2020. Panduan Pelacakan (Contact Tracing) Untuk Kasus Covid-19. Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit. Jakarta.

_____ 2020. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/413/2020 Tentang Pedoman Pencegahan Dan Pengendalian Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Jakarta.

_____2020. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor Hk.01.07/Menkes/328/2020 Tentang Panduan Pencegahan Dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Di Tempat Kerja Perkantoran Dan Industri Dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha Pada Situasi Pandemi.

_____2020. Pedoman Pencegahan Dan Pengendalian Coronavirus Disesase (Covid-19). Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P). Jakarta.

_____ 2020. Surat Edaran Nomor Hk.02.01/Menkes/199/2020 Tentang Komunikasi Penanganan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Jakarta.

Kurniasari, A. Pribowo. F.S.P. Putra, D.A. 2020. Analisis Efektivitas PelaksanaanBelajar Dari Rumah (BDR) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian eISSN:2460-8475. Vol 6, No 3, September 2020.

Kristina, M. Sari. R.N. Nagara. E.S. 2020. Model Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Provinsi Lampung. URNAL IDAARAH, VOL. IV, NO. 2, Desember 2020.

Malyana, A. Pelaksanaan Pembelajaran Daring Dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar Di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, Vol. 2, No. 1 . 2020.

Mutaqinah, R. Hidayatullah. T. 2020. Implementasi Pembelajaran Daring (Program BDR) Selama Pandemi Covid-19 di Provinsi Jawa Barat. Jurnal PETIK Volume 6, Nomor 2, September 2020.

Nadeak. B. Juwita. C.P. 2020. Kepemimpinan kepala sekolah dalam menjaga tata kelola sekolahselama masa pandemi Covid-19. Jurnal Konseling dan Pendidikan. Vol.8, No.3, 2020

Nisa. S.F. Haryanto, A. 2020. Implementasi pembelajaran tatap muka di masa pandemi covid-19. Jurnal IKA vol 8 no. 2 desember 2020.

Pratama. R.E. Mulyati. S. 2020. embelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19. Gagasan Pendidikan Indonesia, Vol.1, No.2, 2020, pp. 49-59.

Purnami. 2020. Dampak lain cara belajar tanpa tatap muka Terhadap peningkatan pengetahuan siswa SD. Jurnal ilmiah. September 2020.

Putri. A.P. Rahhayu. R.S. Suswandari. M. Ningsih. P.A.R. 2020. Strategi Pembelajaran Melalui Daring Dan Luring Selama Pandemi Covid-19 Di SD Negeri Sugihan 03 Bendosari. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan Volume 2 – Nomor 1, April 2021.

Rahmad. 2021. Tantangan Guru Dalam Pembelajaran Luring Masa Pandemi Covid 19 Di SD Kecil Paramasan Atas. Buana Pendidikan. Volume 17 No. 1. 2021.

Sujana, D. 2008. Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya,

Ulfa. Z.D. Mikdar, U.Z. 2020. Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Perilaku Belajar, Interaksi Sosial dan Kesehatan bagi Mahasiswa FKIPUniversitas Palangka Raya. J OSSAE ( J ournal of Sport Sci ence and Educati on). Volume 5 , Nomor 2, 2020.

Wijayanto, S. Handani, D.F. Wardana, W.F. Hajron, K.H. 2020. Aktivitas di Sekolah Diliburkan saat Pendemi Covid-19: Bagaimana Pembelajaran yang dilakukan?. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar. Vol 4 No 2, Juni 2020.

Diterbitkan

2022-07-30

Cara Mengutip

Penerapan Protokol Kesehatan Masa Pandemi Covid-19 Sekolah Dasar Negeri 003 Pasenggerahan. (2022). Al Tamimi Kesmas: Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat (Journal of Public Health Sciences), 11(1), 6-12. https://doi.org/10.35328/kesmas.v11i1.2161