PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP BRANDING RUMAH SAKIT DI WILAYAH GROGOL PETAMBURAN
DOI:
https://doi.org/10.35328/kesmas.v13i2.2748Kata Kunci:
Pemasaran, Persepsi Masyarakat, Rumah SakitAbstrak
Indonesia, salah satu dari sembilan negara yang menyumbang setengah dari pertumbuhan populasi global dari tahun 2019 hingga 2050, juga mengalami peningkatan jumlah penduduk yang konsisten, dengan ratarata pertumbuhan tahunan sebesar 1,13%. Peningkatan populasi ini mendorong pemerintah untuk menyediakan layanan kesehatan yang berkualitas melalui berbagai program.
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi masyarakat
terhadap upaya branding yang dilakukan oleh rumah sakit di wilayah
Grogol Petamburan. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan jenis penelitian cross sectional. Sampel yang
digunakan adalah masyarakat yang tinggal di wilayah Grogol
Petamburan sebanyak 100 responden, dengan menggunakan teknik
pengumpulan data kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
variabel branding yang berpengaruh pada persepsi masyarakat adalah
corporate identity (p value=0,001) dan physical environment (p
value=0,001). Sedangkan variabel service offering tidak berpengaruh
pada persepsi masyarakat dengan nilai (p value=0,791).
Referensi
Anisa, N., & Setiawati, B. (2021). Persepsi Masyarakat Terhadap Praktik Pernikahan Usia Dini di Desa Lumbang Kecamatan Muara Uya Kabupaten Tabalong. Japb, 4(2).
Ayu Rizaty, M. (2023). Data Jumlah Penduduk Indonesia (2013-2023). DataIndonesia.Id.
Fadhlurrahman, I. (2023). Penduduk DKI Jakarta Capai 11,34 Juta Jiwa, 29% ada di Kota Jakarta Timur pada Desember 2023. Badan Pusat Statistik.
Karmita, Arman, & Alwi, K. M. (2021). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pasien Rawat Inap untuk Memanfaatkan Pelayanan Kesehatan di RS Dr. Tadjuddin Chalid Makassar Tahun 2021. Journal of Muslim Community Health, 2(2).
Mahfudz, A. (2020). STRATEGI BRANDING DALAM MEMBANGUN CITRA TPA PERCONTOHAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA.
Manahati, Z. (2018). Pemasaran Produk Jasa Kesehatan. In Deepublish.
Maqrifah. (2018). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pasien Menggunakan Layanan Kesehatan Pada Instalasi Rawat Jalan Dan Rawat Inap Rsia Sitti Khadijah 1 Muhammadiyah Makassar Tahun 2017. Skripsi, Universitas Islam Negeri Alaluddin Makasar.
Pratiwi, R. D., Putra, R. S. P., Amaliah, N., Mutia, W. O. N., Setiawan, H., & Chrismilasari, L. A. (2020). Manajemen Rumah Sakit (Teori dan Aplikasi). In Revista Brasileira de Linguística Aplicada (Vol. 5, Issue 1).
Rusmin, M., Bujawati, E., & Ashar, A. (2016). Analisis hubungan antara brand image (citra merek) dengan pemanfaatan layanan rawat inap rumah sakit umum swasta di kota makassar tahun 2016. Public Health Science Journal, 8(44).
Soekidjo Notoadmojo. (2020). Metodologi Penelitian Kesehatan. PT Rienieka Cipta, 4(1).
Sukman, M., Haeruddin, & Sumiaty. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pasien Memilih Rawat Jalan di RSIA Malebu Husada Tahun. Journal of Muslim Community Health (JMCH) 2022, 4(4).
Svalastog, A. L., Donev, D., Kristoffersen, N. J., & Gajović, S. (2017). Concepts and definitions of health and health-related values in the knowledge landscapes of the digital society. Croatian Medical Journal, 58(6). https://doi.org/10.3325/cmj.2017.58.431
UN Department of Economic and Social Affairs. (2018). 68% of the world population projected to live in urban areas by 2050, says UN. United Nations News.
United Nations. (2019). World Population Prospects 2019: Highlights | Multimedia Library - United Nations Department of Economic and Social Affairs. In United Nations.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Al Tamimi Kesmas: Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat (Journal of Public Health Sciences)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.