HUBUNGAN MARKETING MIX DENGAN LOYALITAS PASIEN RAWAT JALAN DI RSPI PROF DR SULIANTI SAROSO
DOI:
https://doi.org/10.35328/kesmas.v13i2.2749Kata Kunci:
Bauran Pemasaran, Loyalitas Pasien, Layanan Konsumen, Rumah SakitAbstrak
Pendahuluan: Munculnya banyak rumah sakit di Indonesia semakin menimbulkan persaingan antar rumah sakit terutama dalam bidang pelayanan kesehatan. Dalam hal ini perlu mengimplementasikan suatu strategi pemasaran yaitu komponen utama bauran pemasaran seperti (produk, harga, tempat promosi, orang, proses dan bukti fisik). Tujuan: untuk mengetahui Hubungan antara Marketing Mix dengan Loyalitas Pasien Rawat Jalan di RSPI Prof Dr. Sulianti Saroso. Metode Penelitian: kuantitatif dengan pendekatan cross sectional study. Populasi: seluruh pasien rawat jalan dengan sampel 100 responden dengan Teknik pengambilan sampel purposive sampling. Hasil: ada hubungan pada dimensi produk (p value =0.001), dimensi harga (p value =0.040), dimensi tempat (p value= 0.001), dimensi promosi (p value = 0,020) dan tidak terdapat hubungan pada dimensi orang (p value = 1.000), dimensi proses (p value = 1.000), dan dimensi bukti fisik (p value = 1.000). Kesimpulan: terdapat hubungan antara marketing mix produk, harga, tempat dan promosi, serta tidak terdapat hubungan antara marketing mix dengan orang, proses, dan bukti fisik.
Pendahuluan: Munculnya banyak rumah sakit di Indonesia semakin menimbulkan persaingan antar rumah sakit terutama dalam bidang pelayanan kesehatan. Dalam hal ini perlu mengimplementasikan suatu strategi pemasaran yaitu komponen utama bauran pemasaran seperti (produk, harga, tempat promosi, orang, proses dan bukti fisik). Tujuan: untuk mengetahui Hubungan antara Marketing Mix dengan Loyalitas Pasien Rawat Jalan di RSPI Prof Dr. Sulianti Saroso. Metode Penelitian: kuantitatif dengan pendekatan cross sectional study. Populasi: seluruh pasien rawat jalan dengan sampel 100 responden dengan Teknik pengambilan sampel purposive sampling. Hasil: ada hubungan pada dimensi produk (p value =0.001), dimensi harga (p value =0.040), dimensi tempat (p value= 0.001), dimensi promosi (p value = 0,020) dan tidak terdapat hubungan pada dimensi orang (p value = 1.000), dimensi proses (p value = 1.000), dan dimensi bukti fisik (p value = 1.000). Kesimpulan: terdapat hubungan antara marketing mix produk, harga, tempat dan promosi, serta tidak terdapat hubungan antara marketing mix dengan orang, proses, dan bukti fisik.
Referensi
Amalia, M., Khaerul Musyawir, A., Madesan, K., & Ekawaty, D. (2023). HUBUNGAN BAURAN PEMASARAN DENGAN LOYALITAS PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT STELLA MARIS MAKASSAR. Public Health and Medicine Journal (PAMA), 1(2), 24–31.
Arismen, Sulistiadi, W., & Chalik, A. (2019). Health Service Marketing Mix Strategy RSD Kol. Abundjani Bangko in JKN Era. Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 5(2), 97–103.
Christine, C., & Budiawan, W. (2017). Analisis Pengaruh Marketing Mix (7P) terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Studi pada House of Moo, Semarang). Industrial Engineering Online Journal, 6(1).
Dewi, P. N., Hendriyani, C., & Ramdhani, R. M. (2021). Analisis Implementatasi Strategi Bauran Pemasaran 7P. Jurnal Industri Dan Perkotaan, 17, 6–13.
Fatma Sari, A., zelfino, E., Silviana Mustikawati, I., & Veronica, E. (2021). Hubungan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) 7P (Product, Price, Promotion, Place, Process, People, Dan Physical Evidence) Dengan Loyalitas Pasien Di Unit Rawat Jalan Rumah Sakit St. Carolus Summarecon Serpong Tahun 2021. Jurnal Kesehatan Masyarakat Mulawarman, 5, 32–40.
Hendriyani, C., & Ramdhani, R. M. (2021). Analisis Implementatasi Strategi Bauran Pemasaran 7P. Jurnal Industri Dan Perkotaan, 17(2), 6–13.
Murniati, N., & Syafira, N. (2023). GAMBARAN KEPUASAN DAN LOYALITAS PASIEN TERHADAP BAURAN PEMASARAN RUMAH SAKIT ABC. Jurnal Administrasi Bisnis Terapan, 5(2), 1–14. https://doi.org/10.7454/jabt.v5i2.1078
Oktaliana, A., & Adrie Manafe, L. (2023). PENERAPAN BAURAN PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN PASIEN KLINIK/PRAKTIK BERSAMA 24JAM dr. HADI SUSANTO SURABAYA.
Oktarianita, Febriawati, H., & Kurniawan, D. (2020). THE RELATIONSHIP OF MARKETING MIXED STRATEGY WITH PATIENT LOYALTY OF STREET PATIENTS IN RSUD Dr. M YUNUS BENGKULU PROVINCE.
Puri, P. A. (2018). PENGARUH PERSEPSI RESPONDEN TENTANG MARKETING MIX TERHADAP ALASAN DALAM MEMILIH LAYANAN KESEHATAN RAWAT JALAN DI POLI …. repository.stikes-bhm.ac.id. http://repository.stikes-bhm.ac.id/317/
Rensiner, R., Azwar, V. Y., & Putra, A. S. (2018). ANALISIS FAKTOR KUALITAS PELAYANANTERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN RSUD DR. ACHMAD DARWIS. Jurnal Kesehatan Andalas, 7. https://doi.org/10.25077/jka.v7i0.817
Rinaldi, E. A. (2018). Analisis hubungan bauran pemasaran terhadap loyalitas pasien di Unit Pelayanan Rawat Jalan Rumah Sakit Kartini tahun 2018. Jurnal Bidang Ilmu Kesehatan, 8(2).
Sarah. (2018). HUBUNGAN PERSEPSI BAURAN PEMASARAN DENGAN LOYALITAS PASIEN DI POLI REHABILITASI MEDIK RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PASAR MINGGU TAHUN 2017. New England Journal of Medicine, 372(2).
Setianingsih, A., & Rahayu, P. (2017). Hubungan Bauran Pemasaran dan Layanan Pelanggan dengan Loyalitas Pasien. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 51–62.
Sulistiadi, W. (2018). Hubungan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Dengan Loyalitas Pelanggan: Systematic Review Relationship of Marketing Mix with Customer Loyalty: Systematic Review.
Susilawati, E., Prastiwi, E. H., & Kartika, Y. (n.d.). Pengaruh Persepsi Harga, Diskon, Dan Customer Experience Terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Fashion Shopee. http://jurnal.stiekma.ac.id/index.php/JAMIN
Yasni, Y., & Ayu Rizka Putri, L. (2020). HUBUNGAN MARKETING MIX TERHADAP KUNJUNGAN ULANG PASIEN. Jurnal Keperawatan, 04, 22–35. https://stikesks-kendari.e-journal.id/JK
Yusuf Saleh, M., & Said, M. (2019). Konsep dan Strategi Pemasaran.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Al Tamimi Kesmas: Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat (Journal of Public Health Sciences)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.